Breaking News:

Berita Pekalongan

Puluhan Warga di Desa Kulu Kabupaten Pekalongan Terjangkit Chikungunya

Tak hanya disibukkan dengan penangganan pandemi Covid-19, warga di sejumlah wilayah Kabupaten Pekalongan juga tengah menghadapi serangan penyakit lain

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN  - Tak hanya disibukkan dengan penangganan pandemi Covid-19, warga di sejumlah wilayah Kabupaten Pekalongan juga tengah menghadapi serangan penyakit lain.

Puluhan warga di Dukuh Kulu Timur dan Dukuh Kaum Desa Kulu, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, mengalami gangguan persendian akibat penyakit chikungunya yang melanda di desa tersebut.

Mereka mengaku mengalami demam berkepanjangan, flu, gatal-gatal dan keluar bintik merah pada beberapa bagian tubuh hingga nyeri tulang persendian.

Nur Hamid (42) warga Dukuh Kulu Timur RT 2 RW 5 mengaku, awalnya dia mengalami demam tinggi berkepanjangan tanpa sebab, hingga akhirnya pergi berobat ke dokter.

"Gejala awal demam tinggi, ditambah seluruh persendian di kaki, tangan, dan badan sakit hingga sulit berjalan," kata Hamid kepada Tribunjateng.com, Selasa (29/12/2020) siang.

Menurutnya, penyebaran penyakit itu berlangsung secara mendadak. Ia yang sebelumnya segar bugar, tiba-tiba mengalami demam beberapa hari.

Ia mengaku tidak sendirian mengalami kondisi demikian. Puluhan tetangga yang berada Dukuh Kaum dan Kulu Timur juga mengalami kondisi serupa.

"Setiap rumah ada yang tiga hingga empat orang terkena. Di rumah saya ada 4 orang di antaranya, saya, kedua anak saya, dan simbah."

"Anak saya yang bernama Untari Dwi Hapsari (9) dan Utami Puspita Asri (15) sudah sembuh, terkena cikungunya selama 3 hari. Terus Rumbiyati (68) sudah 7 hari istirahat di rumah saja. Kalau saya 5 hari ini hanya terbaring di kamar," ujarnya.

Nur menjelaskan, ia tidak berani periksa ke puskesmas dikarenakan takut terkena Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved