Breaking News:

Berita Karanganyar

Penindakan Petasan di Karanganyar Sesuai Kriteria: Kalau Kecil Langsung Kita Sidak Kan Kasihan

Polres Karanganyar mengimbau kepada masyarakat supaya tidak menyalakan kembang api atau petasan saat malam pergantian tahun baru 2021.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Pesta kembang api saat perayaan pergantian malam tahun baru 2020 di Alun-alun Karanganyar, Selasa (31/12/2019) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Polres Karanganyar mengimbau kepada masyarakat supaya tidak menyalakan kembang api atau petasan saat malam pergantian tahun baru 2021.

Kepolisian telah melakukan upaya preventif dengan menyosialisasikan kepada masyarakat melalui stakeholder baik tingkat kecamatan hingga desa terkait imbauan untuk tidak menyalakan kembang api atau petasan

Kabagops Polres Karanganyar, Kompol Budiarto menyampaikan, kepolisian tidak serta merta menindak masyarakat yang menyalakan kembang api atau petasan saat malam pergantian tahun baru.

Namun anggota akan selektif dalam melakukan penindakan.

"Kalau ada bunyi petasan, kita akan beri pembinaan. Kita lihat kriteria pelanggarannya. Kalau petasan kecil langsung kita sidak kan kasihan. Kalau besar, baru kita tindak," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (30/12/2020). 

Dia meminta masyarakat supaya bijak menyikapi momen tahun baru, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi virus Covid-19. Alangkah baiknya, masyarakat berada di rumah bersama anggota keluarga. Sedangkan kepada para pedagang yang kedapatan menjual petasan, kepolisian mengedepankan upaya preventif dalam melakukan penindakan berupa pembinaan. 

Di sisi lain dalam rangka menjaga kondusifitas, sepanjang Jalan Lawu mulai dari simpang empat Papahan hingga simpang lima Bejen akan dilakukan penutupan. Lebih lanjut, arus lalu lintas akan dialihkan menuju ke jalur utara atau Tasikmadu dan jalur selatan.  

"Knalpot brong kalau menemukan di jalan, kita lakukan tindakan terukur. Kita amankan sepeda motor dan meminta pemilik kendaraan mengganti dengan knalpot standar," jelasnya. 

Sementara itu, dalam upaya mengantisipasi adanya potensi penyebaran virus Covid-19, Pemkab Karanganyar tidak mengadakan hiburan atau pesta kembang api saat malam pergantian tahun. Bupati Karanganyar, Juliyatmono juga melarang masyarakat menyelenggarakan kegiatan atau hiburan saat malam pergantian tahun baru guna menghindari kerumunan orang. 

Pemkab juga telah mengeluarkan surat edaran yang berisi tentang larangan berjualan bagi para PKL di sepanjang Jalan Lawu mulai dari simpang empat Papahan hingga simpang lima Bejen. Begitu juga kawasan Bundaran HI atau Cicoa Tawangmangu Karanganyar. (Ais)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved