Breaking News:

Kesbangpol Jawa Tengah

Presiden Jokowi : Kami Bentuk Komisi Nasional Disabilitas dan Berorientasi pada Pendekatan HAM

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan solusi untuk menyelesaikan masalah HAM adalah dengan membuka ruang komunikasi.

Istimewa
Presiden Joko Widodo, Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dirinya akan menuntaskan permasalahan HAM yang belum selesai di masa lalu. Untuk saat ini, dirinya mengaku tengah fokus membentuk tim khusus untuk membantu para penyandang disabilitas.

“Kami telah membentuk komisi nasional disabilitas dan berorientasi pada pendekatan HAM,” jelas Jokowi.

Komitmen Jateng penuhi perlindungan HAM masyarakat Dalam acara penghargaan tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Hukum dan HAM Jawa Tengah, Priyadi, turut hadir memberikan pidato.

Dalam pidatonya, Priyadi menuturkan saat ini pihaknya telah meluncurkan situs pelaporan daring yang diberi nama Sistem Informasi Layanan Terpadu (Silandu).

“Kami juga sudah menyiapkan Klinik HAM yang hadir di beberapa daerah, seperti Demak, Pekalongan, Purwokerto, Solo, dan Karanganyar,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya Klinik HAM ini masyarakat di tingkat kecamatan dan desa bisa dengan mudah mengajukan pertanyaan dan menerima informasi terkait perlindungan HAM.

Selain itu, ada juga Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) yang tersedia di lembaga permasyarakatan (lapas), rumah tahanan (rutan), kantor imigrasi, dan Kanwil Hukm dan HAM Jateng.

“Saat ini masih ada beberapa pekerjaan rumah (PR) Jateng. Butuh sinergi bersama, kesabaran, dan win-win solution. Masih ada tanggungan terkait hukum dan HAM yang masih perlu dirampungkan,” imbuhnya.

Ruang Komunikasi, Klinik Hukum dan HAM

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menambah bahwa solusi untuk menyelesaikan masalah HAM adalah dengan membuka ruang komunikasi.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved