Breaking News:

Focus

Menjaga Moral Kita

Banyak artis yang mestinya bisa memberikan contoh keteladanan namun pada kenyataannya banyak yang berbuat tidak terpuji.

Instagram
Jejak digital hubungan Gisella Anastasia dan Michael Yukinobu de Fretes 9 tahun lalu. 

Hampir semua media massa cetak dan online serta elektronik memberitakan artis Gisella Anastasia (Gisel) dan pria berinisial MYD ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran video porno, Selasa (29/12).

Pihak kepolisian menjelaskan, penetapan tersebut dilakukan setelah dua kali gelar perkara dan pemeriksaan keduanya sebagai saksi. Baik Gisel maupun MYD yang belakangan diketahui nama aslinya Michael Yukinobu Defretes mengaku sebagai pemeran dalam video syur yang viral pada awal November 2020 lalu. Mereka mengaku membuat video itu pada 2017 hanya untuk kepentingan pribadi.

Baca juga: Sempat Menghilang dari Indonesian Idol, Maia Estianty: Aku Kena Covid-19

Baca juga: Hasil Liga Inggris Newcastle United Vs Liverpool, The Reds Tak Mampu Jebol Pertahanan Tuan Rumah

Perilaku artis di Indonesia belakangan ini memang tengah menjadi sorotan. Sebab, banyak artis ataupun public figure yang mestinya bisa memberikan contoh keteladanan namun pada kenyataannya banyak yang berbuat tidak terpuji. Sehingga, keberadaan mereka bukannya mencerahkan, namun justru merusak akhlak generasi muda.

Kasus video syur Gisel dan MYD, bukanlah yang pertama dilakukan oleh kalangan selebritas. Tetapi sebelumnya juga pernah dilakukan oleh sejumlah artis. Selain kasus video syur, sejumlah kalangan artis juga banyak yang terlibat kasus prostitusi hingga narkoba.

Pada realitasnya, meski sudah banyak “kebobrokan” moral artis dan selebritas terbongkar, namun kenyataan masih saja terulang perilaku sama dilakukan artis lainnya. Seolah tidak ada efek jera di kalangan mereka. Padahal, perilaku mereka tidak hanya merugikan diri mereka sendiri, tetapi keluarga, dan anak juga ikut malu.

Munculnya tindakan asusila hingga narkoba di kalangan artis maupun selebritas di tanah air, bisa jadi karena benteng moral mereka sangat lemah sehingga mereka mudah terjerumus ke perbuatan yang nista. Kebiasaan hidup dengan gaya mewah tanpa dibarengi dengan moral dan keimanan kuat, menambah kehidupan mereka jauh dari Tuhan.

Baca juga: Wujud Nyata Politisasi Agama di Indonesia

Baca juga: Hindari! Ini Jalan Protokol di Kota Semarang yang Ditutup saat Malam Tahun Baru

Baca juga: Rival AC Milan, Juventus Datangkan Wonderkid 19 Tahun

Karena itu, menjaga moral sangatlah penting dalam kehidupan dan pergaulan. Apalagi sebagai seorang public figure, menjaga moral mestinya menjadi prioritas. Sebab, di era teknologi seperti saat ini, semua tindakan dan perilaku kita akan mudah diketahui. Untuk itu, gaya hidup yang seperti mercusuar—hanya tampak gemerlap di atas-- sudah patut untuk ditinggalkan. Tidak ada gunanya melakukan pencitraan agar seolah-olah dianggap baik, berperilakulah sewajarnya. Apa gunanya kita hidup mewah-mewah tetapi pada kenyataannnya sebenarnya itu didapat dari pekerjaan yang tak halal.

Pentingnya menjaga moral, tidak hanya penting untuk para artis dan selebritas saja, namun juga untuk para pejabat dan kita semua. Sebab, dengan menjaga moral kita, maka secara tidak langsung kita akan merasa terjaga dan dijauhkan dari perbuatan-perbuatan yang tidak baik dan merugikan masyarakat, negara, maupun generasi muda.

Dengan terjaganya moral kita, maka akan tercipta generasi masa depan yang unggul, tidak mudah terjerumus ke lembah nista, seperti tindakan asusila, prostitusi, narkoba hingga korupsi. (*)

Penulis: rustam aji
Editor: moh anhar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved