Breaking News:

Berita Pati

Polres Pati Tutup 3 Lokasi Ini Jelang Pergantian Tahun 2021

Mendekati malam pergantian tahun, sejumlah tempat pusat keramaian di Pati akan ditutup hari ini, Kamis (31/12/2020).

TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Kasat Lantas Polres Pati AKP Sarwoko ketika diwawancarai awak media di ruang kerjanya, Rabu (11/11/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Mendekati malam pergantian tahun, sejumlah tempat pusat keramaian di Pati akan ditutup hari ini, Kamis (31/12/2020).

Beberapa tempat tersebut ialah Kompleks Pusat Kuliner Pati belakang GOR Pesantenan (pukul 22.30 sampai 04.00 WIB); Kompleks Stadion Joyokusumo (pukul 17.00 sampai dini hari); dan Kompleks Alun-Alun Pati (pukul 19.00 sampai dini hari).

Selain itu, Polres Pati juga akan melakukan penyekatan atau pengalihan arus lalu lintas di Pertigaan Monumen Bambu Runcing (Wedarijaksa), Pertigaan Widorokandang, Perempatan Jalur Lingkar Selatan (JLS) Tanjang, dan Pertigaan JLS Sokokulon.

Kasat Lantas Polres Pati, AKP Sarwoko, menjelaskan bahwa penutupan pusat keramaian dan pengalihan arus merupakan upaya mencegah terjadinya kerumunan pada malam tahun baru.

Upaya ini merupakan bagian dari rangkaian Operasi Lilin Candi yang dimulai sejak 21 Desember lalu dan akan berakhir pada 4 Januari 2021 mendatang.

“Persiapan (pengamanan malam tahun baru) sudah dimulai kemarin, diarahkan Kapolres langsung. Kemudian dilanjutkan TFG (Tactical Floor Game),” kata dia.

AKP Sarwoko menambahkan, sekira pukul 15.30 nanti, akan dilaksanakan apel pasukan. Kemudian, setelah magrib personel tim gabungan (meliputi TNI-Polri dan Satpol PP) sudah diterjunkan ke sejumlah titik yang ditentukan.

Sejumlah titik yang akan dijaga aparat keamanan di antaranya Tugu Bandeng (Sokokulon), Simpang Ngantru dan Tanjang di JLS, Widorokandang, depan RSUD Soewondo, dan area Pertigaan Monumen Bambu Runcing.

“Penjagaan di titik-titik tersebut diharapkan bisa meminimalisasi kerumunan massa
di alun-alun, Stadion Joyokusumo, Pusat Kuliner, Plaza Pragolo, dan lain-lain,” kata dia.

Terkait pengalihan arus lalu lintas, AKP Sarwoko menjelaskan, mulai sore nanti pihaknya akan secara selektif memberlakukan buka-tutup jalan.

“Artinya, apabila di lapangan arus terpantau landai, akan berjalan seperti biasa. Namun, kalau terpantau ada kerumunan, misalnya ada 10 kelompok, akan kami alihkan supaya yang berkelompok tidak masuk area dalam kota. Kemudian penutupan full pukul 22.30, dalam rangka aturan jam malam,” jelas dia.

AKP Sarwoko menuturkan, penutupan pusat keramaian dan pengalihan arus lalu lintas dilakukannya sesuai kebijakan Bupati Pati Haryanto.

“Intinya kebijakan bupati tidak ada perayaan. Sehingga, harapan kami di wilayah Pati tidak ada kerumunan, demi memutus rantai penularan covid-19,” tandas dia. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved