Breaking News:

Berita Tegal

Cegah Kerumunan, Bupati Tegal Umi Azizah Sambangi Titik Keramaian di Malam Tahun Baru 2021

"Intinya jika ada kerumunan, kami akan ingatkan dan langsung bubarkan," tegasnya.

Humas Pemkab Tegal
Bupati Tegal, Umi Azizah, melakukan pantauan ke beberapa titik yang rawan kerumunan saat malam pergantian tahun, pada Kamis (31/12/2020) malam kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Bupati Tegal Umi Azizah meninjau sejumlah titik jalur di wilayah Kabupaten Tegal guna melakukan pengamanan dan pencegahan terjadinya kerumunan di malam pergantian tahun 2021 pada Kamis (31/12/2020) malam.  

Peninjauan tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah  Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono, Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang, Wakapolres Tegal Kompol Muhammad Faisal Perdana, Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Suharinto, serta perwakilan Kodim 0712/Tegal.

Giat pemantauan pergantian malam tahun baru ini, menurut Umi menjadi salah satu upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 sekaligus mengantisipasi terjadinya kerumunan yang berpotensi menjadi sumber penyebaran Covid-19. 

Baca juga: Wajah Petani Temanggung Cat Cabai Rawit di Banyumas: Dia Pakai Pylox atau Cat Semprot

Baca juga: Jubir Kemenag Tegaskan Setelah FPI Bubar Urusan Dakwah Juga Dilarang Gunakan Simbol

Baca juga: Temuan Mayat di Kamar 131 Hotel Karanganyar, Ternyata Pak Bambang Asal Semarang, Diduga Sakit Asma

Baca juga: Samurai Wanita Ini Tak Sudi Lawan Ambil Kepalanya sebagai Piala, Minta Saudara Memenggalnya

"Alhamdulillah dari titik yang kita tinjau mulai dari Terminal Dukuh Salam, Rest Area Penarukan, Exit Tol Adiwerna dan sepanjang jalan di wilayah Kabupaten Tegal semuanya aman dan kondusif. Di Terminal Dukuh Salam juga kedatangan pemudik tidak terlalu ramai, biasa-biasa saja," papar Umi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Jumat (1/1/2021). 

Umi mengatakan penutupan di beberapa fasilitas publik serta wisata kabupaten dan desa selama akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021, juga termasuk langkah untuk mengantisipasi penularan Covid-19 di Kabupaten Tegal

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bupati Tegal No. 4988 Tahun 2020. 

"Jauh-jauh hari sudah kami sosialisasikan ke masyarakat baik melalui media sosial serta spanduk diberbagai sudut dan lokasi wisata," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang menambahkan, dalam pemanganan malam pergantian tahun 2021 pihaknya telah menerjukan 288 personil dengan dibantu unsur TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Damkar, PMI dan BPBD Kabupaten Tegal

Sejauh ini, menurut Iqbal dari laporan petugas yang berjaga di wilayah Kabupaten Tegal semuanya terpantau kondusif. 

"Kita lakukan pengamanan secara ketat. Salah satunya adalah enam titik yang menjadi sasaran utama berpotensi menimbulkan kerumunan, yaitu Alun-alun Hanggawana Slawi, Alun-alun Rumdin Bupati Tegal, Taman Rakyat Slawi, Taman Bungah, GBN Procot, serta area Gor Tri Sanja Slawi," jelas Iqbal.

Iqbal menegaskan apabila terdapat masyarakat yang melakukan kegiatan atau aktivitas yang menimbulkan kerumunan, akan dibubarkan langsung oleh tim yang bertugas, termasuk kegiatan konfoi. 

"Intinya jika ada kerumunan kami akan ingatkan dan langsung bubarkan," tegasnya. (dta)

Baca juga: Swiss Gempar, Penghuni Panti Jompo Dikabarkan Meninggal 5 Hari Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

Baca juga: 3629 Botol Miras Biang Kejahatan Dimusnahkan di Mapolres Purbalingga

Baca juga: Sebelum Bakar Diri, Iskandar Titipkan Secarik Kertas Berisi Pesan kepada Ustaz

Baca juga: Nol Kasus Covid-19 Sejak Mei, Wuhan Rayakan Tahun Baru dengan Meriah

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: M Syofri Kurniawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved