Breaking News:

Berita Banyumas

Pemkab Banyumas Larang Kegiatan Ormas yang Mengatasnamakan FPI

Badan Kesatuan, Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banyumas melarang segala kegiatan yang mengatasnamakan FPI seperti pengibaran bendera orma

KompasTV
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengumumkan keputusan terkait penghentian aktivitas FPI, Rabu (30/12/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Badan Kesatuan, Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banyumas melarang segala kegiatan yang mengatasnamakan FPI seperti pengibaran bendera ormas maupun simbol-simbolnya.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Banyumas, Setia Rahendra mengatakan jika di pusat sudah dibubarkan otomatis yang ada dibawahnya dibekukan atau bubar.

"Jika tetap melaksanakan membawa simbul gambar FPI, apalagi kegiatannya meresahkan masyarakat mengganggu kamtibmas, sweeping, tentu saja kami akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum," ungkapnya kepada Tribunbanyumas.com, Jumat (1/1/2021).

Hendra menuturkan jika FPI di Kabupaten Banyumas mengganti nama dan berusaha mendirikan ormas lain maka perlu adanya pendaftaran hingga pengurusan dokumen.

"Harus didaftarkan kalau mau legal, kalau tidak didaftarkan berarti ilegal.

Banyak persyaratannya seperti anggaran dasar, anggaran rumah tangga dan yang pasti tidak boleh bertentangan UUD, Pancasila," katanya.

Kemudian harus pula didaftarkan di intansi terkait, kementrian hukum dan ham dan sebagainya.

Nantinya juga ada proses verifikasi yang cukup panjang.

Jika memang telah memenuhi unsur-unsur terkait baru organisasi tersebut dinyatakan legal.

Di Banyumas sendiri, Bakesbangpol Banyumas mencatat untuk massa FPI ada sekitar 200 orang, tersebar dibeberapa wilayah.

Namun demikian menurutnya, FPI di Banyumas selama ini tidak ada hal-hal yang sifatnya menganggu kamtibmas.

"Mereka juga sering audiensi dengan Kesbangpol, bahkan kemarin saat ada baliho terkait Habib Rizik Sihab, saat kita minta turunkan, mereka menurunkan sendiri," ujarnya. (Tribunbanyumas/jti)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved