Breaking News:

Universitas Semarang

USM Berduka, Prof Muladi Tutup Usia

Andy menyebut jasa-jasa dan kiprah almarhum bagi USM hingga menjadi kampus terkemuka di Jawa Tengah tak terkira nilainya.

IST
Keluarga almarhum Prof Muladi saat proses pemakaman di TMP Giri Tunggal Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Innalillahi wa innailaihi roji’un, Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip yang sekaligus Pendiri Universitas Semarang (USM) Prof Dr H Muladi SH dipanggil ke hadirat Allah SWT atau tutup usia pada Kamis (31/12) pukul 06.45 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Mantan Rektor Undip ini diberangkatkan dari RSPAD Gatot Soebroto Jakarta pukul 12.30 dan tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal Kota Semarang pukul 17.00 WIB.

Selanjutnya dilakukan upacara pemakaman jenazah secara militer dengan protokol kesehatan.

Sebelumnya mantan Menteri Kehakiman ini dirawat di RSPAD Gatot Soebroto sejak 17 Desember lalu dan meninggal pada usia 77 tahun.

Prosesi pemakaman dipimpin langsung oleh Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama.SH MHum.

Yos Johan mengatakan Prof Muladi merupakan sosok visioner yang berpegaang teguh dalam keimanan.

"Beliau tidak hanya sebagai guru, tetapi juga panutan bagi kita," katanya.

Pria kelahiran Surakarta, 26 Mei 1943 meninggal dunia karena sakit, Prof Muladi menjabat sebagai Rektor Undip Semarang pada tahun 1994 hingga 1998.

Muladi juga sempat mengemban jabatan sebagai Menteri Kehakiman di era Presiden Soeharto serta Gubernur Lemhanas pada 2005 hingga 2011.

Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof H Abdulallah Kelib SH menyampaikan bahwa Prof Muladi merupakan tokoh nasional yang jasa-jasanya sangat besar tidak hanya untuk USM saja namun untuk bangsa dan negara.

“USM bisa berkembang pesat seperti ini juga karena pembinaan beliau, walau sudah purna jadi pejabat negara beliau tetap mengabdi untuk dunia pendidikan dan untuk kemajuan bangsa” ungkapnya.

Rektor USM Andy Kridasusila mengatkan Prof Muladi merupakan Ketua Pembina Yayasan Alumni Universitas Diponegoro sejak tahun 2006 sebagai Badan Penyelenggara USM.

Andy menyebut jasa-jasa dan kiprah almarhum bagi USM hingga menjadi kampus terkemuka di Jawa Tengah tak terkira nilainya.

"Kami berterima kasih atas komitmen, waktu, semua rencana dan upaya almarhum memberi kemanfaatan hingga USM mulai dari awal berdiri menjadi seperti sekarang ini. Menara USM adalah salah satunya," terang dia. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved