Breaking News:

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, Mantan Pembalap Alex Asmasoebrata Meninggal

Kabar duka datang dari dunia balap Indonesia. Mantan pebalap nasional, Alex Asmasoebrata meninggal pada Sabtu (2/1) dini hari

Editor: rustam aji
Dok. Tabloid OTOMOTIF
Legenda Balap Tanah Air Alex Asmasoebrata Meninggal 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kabar duka datang dari dunia balap Indonesia. Mantan pebalap nasional, Alex Asmasoebrata meninggal pada Sabtu (2/1) dini hari setelah sempat dirawat di RSCM Kencana, Jakarta.

Kabar meninggalnya Alex diungkakan oleh sang putri yang juga mantan pebalap nasional, Alexandra Asmasoebrata. Lewat akun Intsagramnya, Alexandra menyatakan bahwa sang ayah meninggal pada Sabtu (2/1) dini hari pukul 00.10 WIB dini hari. ”Telah meninggal dunia suami/ayah/kakek/kami H. M.A.S Alex Asmasoebrata pada Sabtu, 2 Januari 2021, 00.10 WIB di RSCM Kencana,” tulis Alexandra melalui Instagram.

Alexandra juga mengunggah foto masa kecilnya digendong Alex di Instastory sembari menulis ucapan 'Ciao Papa'. Ia pun turut mengunggah kabar duka tersebut di Instastorynya. ”Kami memohon maaf atas segala kesalahan almarhum. Semoga almarhum husnul khatimah,” isi penggalan berita duka yang diunggah Alexandra.

Selain dari Alexandra, kabar meninggalnya Alex juga disampaikan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie. Dalam akun Twitternya @JimlyAs, Jimly menerima kabar Alex meninggal di RSCM, Jakarta. ”Telah meninggal dunia tokoh balap nasional Alex Asmasoebrata, jam 00.10 WIB di RSCM. Kita doakan almarhum husnulkhotimah. Di tahun terakhir saya sangat sering dapat kiriman WA doa-doa dari almarhum & pendapat-pendapatnya tentang agama sebagai tanda bahwa almarhum makin dekat dengan Tuhan dan agama. Alfatihah,” ujar Jimly. 

Sebelum meninggal Alex diketahui sempat menderita sakit cukup lama. Hal itu dikatakan oleh wartawan olahraga senior, Rialini Nonnie Rering yang sempat menjenguk alm Alex saat sakit. ”Dua bulan lalu saya sempat bertemu di kediaman (Jln Denpasar Jakarta) dan bercerita panjang lebar soal kondisinya. Pak Alex juga meminta maaf ke semua teman-teman,” kata wartawan yang sudah berteman dengan alm Alex selama 20 tahun itu.

Beberapa tokoh politik ikut menyampaikan duka atas meninggalnya Alex. Selain dikenal sebagai tokoh balap Indonesia, Alex memang pernah berkecimpung di dunia politik melalui Partai Demokrat. Bahkan pada Pilpres 2019 Alex tercatat sebagai anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno. 

”Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berduka cita atas wafatnya Alex Asmasoebrata, politisi @PDemokrat sekaligus pembalap senior Indonesia. Semoga amal ibadah Alm. diterima di sisi Allah SWT, keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan & ketabahan. Amiiin," tulis Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lewat akun Twitter-nya, Sabtu (2/1).

Selain AHY, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra juga ikut menyampaikan dukacitanya untuk Alex. "Alex Asmasoebrata tutup usia. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu 'anhu. Dukacita kami atas wafatnya Pak Alex," tulis Yusril di akun Twitter-nya.

Alex Asmasoebrata merupakan pebalap seangkatan dengan Aswin Bahar, Tinton Suprapto, Deyu dan Dolly Indra Nasution. Kiprah balapnya sudah dimulai sejak zaman Sirkuit Ancol dan berlanjut di Sirkuit Sentul. Karena kecintaannya dengan dunia balap, Alex terakhir turun sebagai pebalap gokart di kelas Senior dan Expert.

Setelah pensiun Alex membentuk tim Alexandra Asmasoebrata Motorsport (AAM) dan mendukung sang putri, Alexandra, menjadi pebalap nasional. Alex juga sempat menjabat sebagai Ketua Harian Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI).

Meninggalnya Alex menambah daftar panjang tokoh otomotif Indonesia yang berpulang. Sebelumnya Helmy Sungkar yang merupakan ayah dari pebalap Rifat dan Rizal Sungkar sudah lebih dulu meninggal pada 24 November 2020 di usia 68 tahun.(tribun network/dod)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved