Breaking News:

Berita Kebumen

Tragedi Perahu Tersapu Ombak di Pantai Menganti, Nelayan Berharap Lahan Parkir Diperluas

Bencana gelombang pasang yang merusak sejumlah perahu di pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah Kebumen malahirkan duka bagi para korban. D

Istimewa
Nelayan mengevakuasi perahu di pantai Menganti Desa Karangduwur Kebumen. 

TRIBUNJATENG.COM, KEBUMEN - Bencana gelombang pasang yang merusak sejumlah perahu di pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah Kebumen malahirkan duka bagi para korban. Dampak bencana itu sebenarnya bisa diminimalisasi. 

Ketua Biro Hukum dan Advokasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kebumen Sukamsi mengatakan, gelombang setinggi 2 meter atau lebih sebenarnya tidak menjadi soal jika lahan parkir perahu luas.

Masalahnya, lahan parkir nelayan saat ini cukup sempit, tidak sampai 1 hektar. Padahal, ada sekitar 370 perahu nelayan yang bersandar di lahan itu.  

Jumlah perahu nelayan yang banyak tak imbang dengan lahan parkir yang sempit. Idealnya, kata Sukamsi, lahan itu hanya mampu menampung sekitar 200 perahu. 

"Sebenarnya gelombang 2 meter gak masalah kalau lahan parkir luas. Masalahnya parkir overload" katanya, Sabtu (2/1/2021). 

Karena lahan sempit, perahu nelayan bahkan harus dilepas sayapnya agar semua perahu tertampung.

Kondisi parkir perahu yang berjubel jelas berisiko. Jika gelombang pasang menerjang, tingkat kerusakan yang ditimbulkan bisa lebih besar. 

Benar saja, saat gelombang pasang menerjang pantai itu, Rabu malam (30/12/2020) lalu, belasan perahu rusak dan sebagian di antaranya hanyut tersapu ombak.

Untuk mengatasi lahan parkir perahu yang overload, pihaknya berusaha memperluas area parkir perahu dengan memanfaatkan lahan Perhutani. 

Pihaknya pun tinggal menunggu persetujuan atau dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk perluasan lahan tersebut. 

"Dari Perhutani sudah OK, tinggal Pemkab, " katanya.(*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved