Breaking News:

Berita Sragen

Luluk Pastikan Bantuan P2L di Sragen Tepat Sasaran

Pastikan bantuan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tepat sasaran, anggota DPR RI Komisi IV fraksi PKB, Luluk Nur Hamidah lakukan kunjungan ke Dukuh Kway

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Pastikan bantuan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tepat sasaran, anggota DPR RI Komisi IV fraksi PKB, Luluk Nur Hamidah lakukan kunjungan ke Dukuh Kwayon RT 20 Desa Jambanan, Sidoharjo, Sragen.

Selain memastikan bantuan tepat sasaran, Luluk juga memberikan pembinaan terkait P2L, sekaligus mendengarkan aspirasi dari masyarakat.

"Mengawali tahun baru dengan melakukan kunjungan lapangan, sekaligus memastikan bahwa program kita berjalan baik apa tidak. Apakah ada kendala atau justru mendapatkan dukungan dari desa setempat," kata Luluk disela-sela kunjungan, Minggu (3/12/2020).

Luluk menyampaikan pihak desa maupun support dari fraksi, mendukung dan mendorong pangan yang terintegrasi. Berbasis keluarga dan komunitas untuk memanfaatkan pekarangan.

Hal ini dikatakannya sama dengan keinginan dari Kementerian Pertanian. Program P2L ini dikatakannya tidak perlu lahan yang luas, hanya perlu memanfaatkan pekarangan masing-masing rumah.

"Nggak perlu orang bingung harus tanam dimana karena sebenarnya pekarangan kita adalah tempat terbaik untuk bisa menanam, tanaman pangan yang terintegrasi," katanya.

Di Dukuh Kwayon sendiri P2L sementara ini dilakukan oleh para karang taruna. Mereka diminta untuk menjadi percontohan sekaligus memberikan pemahaman kepada ibu-ibu sekitar.

Dengan pemanfaatan pekarangan untuk tanaman sayur-sayuran, dirinya meminta pihak desa nantinya memberikan modal berupa binatang ternak agar lebih optimal.

"Jadi ke depan tidak hanya sayur-mayur, juga perlu mendapat dukungan lebih. Misalnya apakah perlu bantuan ayam untuk keluarga keluarga atau bebek untuk pemenuhan gizi dan protein yang lain," katanya.

Dengan harapan, ketahanan pangan di tingkatan keluarga, di tingkatan desa dan hingga ditinggalkan Kecamatan akan tercukupi sendiri oleh masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved