Breaking News:

Berita Regional

Harga Cabai Rawit di Jateng Semakin 'Pedas' di Awal Tahun 2021

Harga cabai rawit merah di awal tahun 2021 masih menunjukkan peningkatan.

Penulis: Ruth Novita Lusiani | Editor: galih permadi
TRIBUNJATENG/RUTH NOVITA LUSIANI
Situasi di Pasar Bandarjo Ungaran, Senin, (4/1/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Harga cabai rawit merah di awal tahun 2021 masih menunjukkan peningkatan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari situs Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi Jawa Tengah (SiHati), harga cabai rawit merah pada Senin, (4/1/2021) mengalami peningkatan menjadi Rp 69 ribu per kilogram.

Harga ini mengalami peningkatan dari sebelumnya, pada Senin, (21/12/2020), sempat berada di angka Rp 49.200 per kilogram. 

Adapun berdasarkan pemantauan Tribun Jateng, harga cabai rawit merah tersebut hingga saat ini masih berangsur-angsur mengalami peningkatan di pasaran. 

Deri, satu di antara pedagang cabai rawit merah di Pasar Rasamala mengatakan saat ini harga cabai rawit merah di kios miliknya juga mengalami peningkatan mencapai Rp 90 ribu per kilogram. 

“Iya sekarang harga cabai rawit merah masih naik, dimana harganya sudah mencapai Rp 90 ribu per kilogram.

Ini naiknya sudah sejak satu bulan yang lalu, tapi kenaikan yang mulai drastis sejak dua minggu yang lalu, dimana sebelumnya harga masih mencapai Rp 60 ribu per kilogram,” ujar Deri kepada Tribun Jateng, Senin, (4/1/2021). 

Menurutnya, kondisi saat ini masih dipengaruhi karena adanya musim penghujan, yang menyebabkan terhambatnya masa panen dari komoditas cabai rawit merah. 

“Kalau di akhir tahun menjelang awal tahun seperti ini, saya memaklumi kalau harga cabai meningkat, karena biasanya dari tahun ke tahun seperti itu. Kedepannya ketika situasi sudah normal, pastinya harga cabai juga akan mengikuti,” terangnya. 

Meskipun terdapat kenaikan harga, namun Deri menuturkan daya beli masyarakat tetaplah stabil, sebab cabai rawit merah merupakan salah satu komoditas yang dibutuhkan sehari-hari di masyarakat. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved