Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Harga Kedelai di Kabupaten Tegal Naik, Suspriyanti: Kami Sudah Melapor ke Provinsi

Ada yang harus mengurangi jumlah produksi karena biaya yang naik, bahkan ada yang terpaksa mengurangi ukuran tebal tempe

TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Foto karyawan sedang membersihkan kedelai di rumah produsen tempe yang beralamat di Desa Debong Wetan, RT 5 RW 1, Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal, Kamis (7/1/2021) kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Naiknya harga kedelai di pasaran, membuat para produsen atau pun pedagang yang memanfaatkan kedelai sebagai bahan dasar terkena imbasnya. 

Ada yang harus mengurangi jumlah produksi karena biaya yang naik, bahkan ada yang terpaksa mengurangi ukuran tebal tempe nya supaya tetap bisa bertahan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindag) Kabupaten Tegal Suspriyanti, membenarkan kedelai saat ini sedang mengalami kenaikan harga di pasaran.

Dan itu terjadi bukan hanya di Kabupaten Tegal saja, beberapa daerah lain di Indonesia juga sama. Karena saat ini komoditas kedelai masih mengandalkan impor dari USA.

Sehingga imbasnya, harga juga menyesuaikan kondisi dari tingkat importir kedelai.

"Kami rutin melaksanakan pantauan stok dan harga setiap harinya. Namun  kenapa saat ini harga kedelai naik, karena dari tingkat distributor pun harganya naik. Penyebabnya dari tingkat importir juga menaikkan harga kedelai, mengingat komoditas kedelai masih mengandalkan impor dari USA," jelas Suspriyanti, pada Tribunjateng.com, Jumat (8/1/2021).

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal pun tidak tinggal diam mengetahui kondisi tersebut. 

Langkah awal yang dilakukan yaitu berkoordinasi dan melaporkan kondisi kenaikan harga kedelai ke Disperindag tingkat Provinsi. 

Harapannya tentu supaya bisa diteruskan ke tingkat pusat yaitu Kementerian Perdagangan RI.

Meski harga kedelai sedang naik, diakui oleh Suspriyanti terkait stok masih aman dan cukup. 

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved