Breaking News:

Berita Demak

Persiapan Lakukan Vaksinasi, Dinkes Demak Gelar Simulasi 

Sejumlah nakes di Dinas Kesehatan Kabupaten Demak mengikuti proses simulasi penyuntikan vaksin sinovac.

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Sejumlah nakes di Dinas Kesehatan Kabupaten Demak mengikuti proses simulasi penyuntikan vaksin Sinovac, di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Jumat, (08/01/2021).

Dalam proses simulasi tersebut, diperagakan ada empat meja yang setiap mejanya terdapat proses tersendiri.

Meja pertama untuk proses pendaftaran, meja kedua untuk proses screening, meja ketiga untuk proses vaksinasi, meja keempat pencatatan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Demak Heri Winarno mengatakan, setiap proses pelaksanaan vaksinasi tersebut akan menggunakan aplikasi P-Care. Maka dari itu, kata dia, saat simulasi pihaknya melibatkan IT BPJS.

Heri menuturkan, tahapan pertama untuk vaksinasi di Demak adalah nakes. Tahapan selanjutnya yang akan divaksin adalah TNI, Polri, dan petugas pelayanan publik seperti guru atau pegawai bank dan yang lainnya.

Heri menambahkan, lokasi pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Demak bisa di RSUD Sunan Kalijaga dan 27 tempat yang sudah ditunjuk untuk pelayanan vaksinasi.

Terkait waktu pelaksanannya, Heri mengaku belum mengetahui jadwal kepastiannya.

"Dari pusat, rencana pada 13 Januari 2021 penyuntikan vaksin pak presiden. Untuk kegiatan di daerah menuju arahan dari pemerintah pusat," kata Heri.

Penyuntilan vaksin untuk Presiden Jokowi, kata dia juga dalam rangka sosialisasi agar masyarakat mau divaksin.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Demak akan melakukan sosialisasi secara bertahap kepada masyarakat agar mereka mau divaksin.

Sosialisasi dilakukan secara bertahap, maka ada penyuntikan vaksin untuk pak presiden juga dalam rangka sosialiasi agar masyarakat kita mau divaksinasi.

"Harapannya, nanti kita bergerak untuk sosialisasi kepada masyarakat," ucapnya. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved