Breaking News:

Sempat Sakit, Polisi Pastikan Kondisi Rizieq Shihab Sudah Membaik

Rizieq sempat menderita asam lambung, sehingga kondisi kesehatannya menurun.

Editor: Vito
Warta Kota/Nur Ichsan
Habib Rizieq Shihab di Polda Metro Jaya 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dilaporkan sakit saat ditahan di Rutan Polda Metro Jaya. Ia sempat dikabarkan mengalami sesak napas, dan meminta bantuan dari tahanan lain.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, Rizieq sempat menderita asam lambung, sehingga kondisi kesehatannya menurun.

Kepolisian langsung menangani Rizieq sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku, di antaranya memberikan bantuan tabung oksigen.

"Kondisi sekarang bagus, tadi baru dicek lagi. SOP untuk kesehatan dia (Rizieq-Red) kami lakukan betul, pengecekan didampingi oleh MER-C," ujarnya, di Polda Metro Jaya, Jumat (8/1).

Meski demikian, Rizieq menolak pengobatan dari Kepolisian. Ia lebih memilih menggunakan tabung oksigen miliknya yang selalu dibawa sebelum ditahan.

"Ada CCTV-nya, ada semua. Kami kasih tidak mau, dia (Rizieq) maunya oksigennya dia. Memang sebelum masuk sini selalu bawa tabung oksigen. Di mobilnya juga ada tabung oksigen," paparnya.

Kini, Kepolisian dan dokter pribadi Rizieq dari MER-C terus memantu kondisi pemimpin FPI yang telah dibubarkan pemerintah itu.

Yusri pun menegaskan, kesehatan Rizieq sudah membaik, dengan saturasi oksigen berada di angka 98 persen. "Sehat itu dia sekarang, baru dicek lagi sama tim kesehatan dia dan sama kita, dia punya oksigen 98 persen," jelasnya.

Sebagai informasi, Rizieq ditetapkan sebagai tersangka kasus kerumunan massa yang terjadi di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, 14 November 2020. Rizieq disangka melanggar Pasal 160 KUHP dengan ancaman maksimal hukuman 6 tahun penjara dan Pasal 216 KUHP.

Selain Rizieq, lima orang lain yang ditetapkan tersangka. Dari enam tersangka itu, hanya Rizieq yang ditahan. Polisi melakukan penahanan hingga 9 Februari 2021.

Rizieq kemudian mengajukan gugatan praperadilan terkait dengan proses hukum yang menjeratnya. Perkaranya masih diproses Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Kompas.com)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved