Breaking News:

Berita Semarang

Pemerintah Daerah di Jateng Harus Berani Ambil Sikap, Persiapan PTM Tetap Dilaksanakan

Dunia pendidikan terimbas pada penerapan PSBB yang dilakukan selama dua pekan pada 11-25 Januari.

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: sujarwo
TRIBUN JATENG/M ZAENAL ARIFIN
Kepala Kemenag Kota Semarang, Muhdi. 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG- Dunia pendidikan terimbas pada penerapan pembatasan kegiatan masyarakat yang dilakukan selama dua pekan pada 11-25 Januari mendatang. Semua kegiatan belajar mengajar dilakukan dalam jaringan (daring).

Sebelumnya, sejak virus corona mewabah proses belajar-mengajar bagi peserta didik di semua jenjang pendidikan di Indonesia berubah drastis.

Proses pendidikan yang identik dengan pertemuan tatap muka di sekolah kini menjadi belajar dari rumah. Siswa atau murid dan guru berada di rumah masing-masing.

Namun demikian, ada beberapa sekolah yang nekat mengadakan pembelajaran tatap muka (PTM) di kelas. Dengan adanya pengetatan dua pekan, diharapkan sekolah dapat disiplin mematuhi peraturan.

Meskipun demikian, pengurus provinsi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Tengah menuturkan sekolah di Jateng sebaiknya tetap menyiapkan proses pembelajaran tatap muka (PTM).

Selain itu, pemerintah juga didorong harus berani menentukan target kapan waktunya PTM dilaksanakan.

"Kami memahami pembelajaran masih tertunda. Awalnya, pemerintah pusat mengeluarkan pengumuman 1 Januari 2021 dimulai pembelajaran tatap muka, namun pemerintah daerah meminta untuk menundanya. Saat diumumkan akan dimulai, semua menyiapkan, tapi begitu tahu ditunda semuanya drop," kata Muhdi, Minggu (10/1/2021).

Persiapan yang dilakukan sekolah antara lain penerapan protokol kesehatan dengan menyediakan sarana dan prasaran. Serta model pembelajaran dengan model shifting agar kapasitas ruang kelas tidak 100 persen.

Skema bagaimana peserta didik berangkat juga sudah disiapkan pihak sekolah. Satu diantaranya harus diantar orangtua, tidak menggunakan kendaraan umum.

Persiapan harus dilakukan jauh-jauh hari agar satuan pendidikan, guru, dan orangtua benar-benar siap saat PTM diterapkan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved