Breaking News:

Penanganan Corona

Pemkab Kendal Dapat Bantuan 400 Reagen dari Provinsi untuk Tes Corona Ibu Hamil

Pemkab Kendal mendapatkan bantuan 400 unit alat Reagen dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Tribun Jateng/ Saiful Masum
Kepala Dinas Kesehatan Kendal Ferinando Rad Bonay. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal mendapatkan bantuan 400 unit alat Reagen dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Alat tersebut sudah diambil oleh Dinas Kesehatan Kendal yang nantinya bakal digunakan untuk mendeteksi paparan Covid-19 melalui rapid test antigen.

Kepala Dinkes Kendal, Ferinando Rad Bonay menyampaikan, alat reagen yang baru diterimanya hingga saat ini belum digunakan.

Rencananya, alat tersebut bakal diprioritaskan untuk tes corona bagi ibu hamil dan hendak melahirkan. "Kenapa prioritas ibu hamil dan mau melahirkan, karena yang paling butuh deteksi kemungkinan paparan Covid-19 dengan cepat. Dengan tes antigen ini bisa diketahui apakah terpapar atau tidak dalam waktu beberapa menit saja," terangnya, Minggu (10/1/2021).

Ferinando berharap, dengan deteksi yang cepat, nantinya penanganan kesehatan bagi ibu hamil dan calon bayinya juga bisa terlaksana dengan cepat.

Sementara Dinkes Kendal tetap menggencarkan tes usap tenggorokan bagi masyarakat umum dengan pengujian sampel menggunakan alat polymerase chain reaction (PCR) yang ada di rumah sakit darurat Covid-19 (RSDC).

"Karena jumlah (alat) sedikit, tidak cukup jika dibagikan ke yang lainnya. Untuk guru-guru yang rencana akan tes antigen sebelum persiapan sekolah tatap muka, jadinya mereka dengan biaya sendiri," ujarnya. (*)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved