Breaking News:

Berita Tegal

Refleksi Tahun Kedua Pemerintahan Kabupaten Tegal, Bupati Umi Azizah: Kami Ada untuk Masyarakat

Tidak terasa sudah dua tahun Bupati Tegal Umi Azizah, bersama Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie, memimpin roda Pemerintahan Kabupaten Tegal untuk p

TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
Bupati Tegal, Umi Azizah, saat memberikan sambutan sekaligus melaunching 4 aplikasi dan logo baru hari jadi Kabupaten Tegal ke 420, di pendopo Amangkurat Jumat (8/1/2021) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Tidak terasa sudah dua tahun Bupati Tegal Umi Azizah, bersama Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie, memimpin roda Pemerintahan Kabupaten Tegal untuk periode 2019-2024. 

Sehingga Jumat (8/1/2021) malam ini bertempat di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, diselenggarakan acara Refleksi Tahun Kedua Pemerintahan Kabupaten Tegal. 

Pada kegiatan refleksi tahun kedua ini, Bupati Umi menyampaikan apa saja penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan sepanjang tahun 2020. Termasuk refocusing  anggaran untuk penanganan Covid-19.  

Dampaknya di tahun 2020 telah mengurangi alokasi belanja pembangunan Kabupaten Tegal, termasuk belanja modal hingga 49,92 persen. 

Hal ini tentunya berdampak signifikan terhadap pencapaian target pembangunan yang seharusnya sudah bisa diraih pada tahun 2020. 

Salah satunya yang sangat dirasakan dampaknya di masyarakat adalah pembangunan infrastruktur jalan.

"Dari alokasi anggaran peningkatan kualitas jalan yang awalnya kami siapkan Rp 100 miliar pada 2020 direfocusing menjadi Rp 38 miliar. Termasuk di dalamnya dana pemeliharaan rutin jalan yang awalnya Rp 15 miliar, tinggal menyisakan Rp 9 miliar. Dengan kondisi ini, praktis banyak ruas jalan dengan tingkat kerusakan berat tidak bisa dikerjakan tahun ini," ungkap Umi, pada Tribunjateng.com, Jumat (8/1/2021). 

Untuk mengatasi masalah tersebut, Bupati Umi berharap pada 2021 Pemkab Tegal bisa menyiapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk ruas Banjaran-Balamoa Rp 3,4 miliar. 

Kemudian Yamansari-Babakan Rp 2,2 miliar, Jejeg-Cenggini Rp 882 juta dan Rp 2,5 miliar, untuk perbaikan ringan dan sedang sejumlah ruas jalan lainnya yang menjadi kewenangan Kabupaten Tegal.

Sementara dari dana alokasi umum (DAU) Pemkab Tegal menyiapkan anggaran Rp 32,05 miliar untuk 27 paket ruas jalan, termasuk ruas jalan Babadan-Warureja, Jatibogor-Kertasari, Kendayakan-Warureja, dan Sigedong-Sawangan. 

Halaman
123
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved