Breaking News:

Berita Blora

Begini Cara Pemkab Blora Promosikan Desa Wisata

Dua desa di Blora mendapat pendampingan peningkatan kapasitas pengelolaan wisata.

Dinkominfo Blora
Test tour oleh Dinporabudpar di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon. 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Dua desa di Blora mendapat pendampingan peningkatan kapasitas pengelolaan wisata. Keduanya adalah Desa Bangsri, Kecamatn Jepon dengan wisatanya Kampung Pelangi dan Desa Bangowan, Kecamatan Jiken, yang dikena

Test tour oleh Dinporabudpar di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon.
Test tour oleh Dinporabudpar di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon. (Dinkominfo Blora)

l dengan wisata budaya dan potensi alamnya.

Pendampingan yang dilakukan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporapar) ini lanjutan dari sebelumnya, yakni pendampingan dengan menggandeng Desa Wisata Institute dari Yogyakarta.

"Kami telah nelakukan test tour dilaksanakan di dua destinasi wisata, yakni Kampung Pelangi Desa Bangsri Kecamatan Jepon kemudian dilanjutkan di kawasan Bukit Kunci Desa Bangowan Kecamatan Jiken," ujar Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora Slamet Pamuji melalui Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Wahyu Tri Mulyani, Senin (11/1/2021).

Dalam test tour tersebut diikuti oleh masing-masing perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), duta wisata, dan tim pendampingan dari Desa Wisata Institute.

"Tujuannya ingin mempromosikan destinasi wisata Blora. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," tambahnya.

Di Kampung Pelangi, pengunjung disajikan dengan adanya aneka wahana swafoto dan digelarnya pertunjukan seni barongan dengan aneka atraksi misalnya kuda kepang dan bujang ganong yang ditampilkan oleh kelompok seni barongan remaja desa setempat.

Sementara di Desa Bangowan, para pengunjung disuguhi sajian pementasan wayang thengul dan pertunjukan pakeliran padat.

"Ini potensi yang bagus sekaligus bisa mendorong perkembangan desa di sektor pariwisata. Sekaligus menunjukkan bahwa wisata di Blora siap dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.

Ia menyebut bahwa penerapan Sapta Pesona sangat penting untuk meningkatkan citra tempat wisata.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved