Breaking News:

Berita Batang

Pedagang Mulai Resah, Harga Cabai di Batang Tembus Rp 88 Ribu per Kilogram

Harga cabai rawit merah di Pasar Batang terus mengalami kenaikan, pedagang pun mulai resah.

Tribun Jateng/Dina Indriani
Salah satu pedagang cabai di Pasar Batang, Janah saat melayani pembeli, Selasa (12/1/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Harga cabai rawit merah di Pasar Batang terus mengalami kenaikan, pedagang pun mulai resah akan kian mahalnya harga cabai. 

Satu diantara pedagang Pasar Batang,  Janah mengatakan sudah beberapa Minggu ini, harga cabai terus naik bahkan untuk jenis cabai rawit merah harganya bisa mencapai sekitar Rp 88 Ribu per kilonya. 

"Kalau yang cabai rawit merah sekilo sekarang Rp85-88 Ribu, untuk cabai merah biasa harga yang dipatok sekitar Rp45-50 Ribu per kilonya.  Sedangkan untuk cabai rawit harganya sekitar Rp50-55 Ribu perkilonya," ujarnya,  Selasa (12/1/2021).

Kenaikan yang cukup signifikan tersebut diakuinya membuat banyak pembeli protes dan batal untuk membeli. 

"Ya mau bagaimana lagi,  memang harga sudah mahal jadi banyak pembeli yang protes akhirnya tidak jadi beli," tuturnya. 

Tidak hanya Janah,  pedagang cabai lain Rini juga merasakan keresahan atas naiknya harga cabai. Agar tidak terlalu banyak merugi,  dia pun mensiasatinya dengan mengurangi jumlah daganganya

"Karena harganya saat ini masih mahal saya kurangi kulakan cabai,  jadi tidak banyaj rugi misal tidak laku dan busuk," ujarnya. 

Menurut Rini,  naiknya harga cabai karena pengaruh musim hujan. Banyak cabai yang gagal panen, sehingga stok cabai di tingkat petani tidak terlalu banyak.

"Kemungkinan besar karena musim hujan jadi banyak petani yang gagal panen, karena hampir setiap tahun saat musim hujan harga naik," pungkasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved