Breaking News:

Penanganan Corona

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Karanganyar Tunggu Arahan dari Pemerintah Pusat

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Karanganyar masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Ilustrasi. DKK Karanganyar saat mengadakan sosialisasi pelaksanaan vaksin Covid-19. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Karanganyar masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Warsito. Dirinya telah mengikuti rapat dengan Kepala Dinas Kesehtan Provinsi dan DKK se-Jateng melalui daring. 

"Diinformaiskan pencanangan secara nasional dilakukan pada 14 Januari 2021. Dengan penyuntikan vaksin kepada Presiden, dikuti Gubernur. Di Jateng diwaliki tiga wilayah, Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Solo. Sedangkan kabupaten lain menunggu infromasi lebih lanjut pada Februari 2021," kata Warsito saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (12/1/2021). 

Dia menjelaskan, pemilihan tiga wilayah itu sesuai dengan kebijakan dari pemerintah pusat. Sehingga daerah penyangga ibu kota dan provinsi yang akan terlebih dahulu melakukan vaksinasi.
Di sisi lain, pihak DKK telah melakukan monitoring persiapan pelaksanaan vaksinasi di 26 fasyankes. Menurutnya, secara keseluruhan baik itu sarpras dan SDM di semua fasyankes sudah siap untuk melaksanakan vaksinasi.

"Tinggal tiga rumah sakit (swasta) susulan. Ada yang sudah mulai pelatihan vaksinasi dan ada yang masih menunggu jadwal pelatihan," jelasnya. 

Kendati masih menunggu arahan dari pemerintah pusat, Warsito meminta supaya para nakes di Kabupaten Karanganyar tetap bersabar hingga nanti dijadwalkan menjalani vaksinasi. 

Seperti diketahui bersama, para nakes akan menjadi sasaran pertama penerima vaksin Covid-19, dilanjutkan dengan petugas pelayanan publik, masyarakat dengan penyakit penyerta dan lainnya. 

Di Kabupaten Karanganyar tercatat ada sebanyak 3.441 nakes yang nantinya menerima vaksin Covid-19. Sementara itu secara keseluruhan untuk Kabupaten Karanganyar total ada 570.156 orang yang akan menerima vaksin Covid-19. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved