Breaking News:

Liputan Khusus

PT Mahesa Jenar Sewa Stadion Citarum Rp 500 Juta Enam Bulan

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Semarang, Suhindoyo sebut PT Mahesa Jenar Sewa Stadion Citarum Rp 500 Juta Enam Bulan

tribunjateng/faizal m affan
RUMPUT SINTETIS - Stadion Citarum di Kota Semarang makin cantik menggunakan rumput sintetis setelah renovasi selesai. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Stadion Citarum Semarang aset milik Pemerintah Kota Semarang. Seluruh operasional maupun biaya perawatan stadion tersebut diambil dari APBD Kota Semarang.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Semarang, Suhindoyo Prasetianto, mengatakan Stadion Citarum Semarang sedianya akan disewa oleh PT Mahesa Jenar selama satu tahun. Namun karena ada pandemi, dan keterbatasan biaya, akhirnya hanya disewa 6 bulan.

"Karena akan digunakan untuk tempat latihan tim PSIS Semarang, kami ada kerjasama sewa dengan pihak PT Mahesa Jenar. Rencana semula setahun. Tapi karena pandemi, pihaknya hanya menyewa selama enam bulan dahulu," kata Suhindoyo.

Stadion Citarum Semarang sudah direnovasi Dinas Tata Ruang Kota Semarang, selesai akhir tahun 2019. Pada awal 2020, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Semarang berencana untuk mengoperasionalkan stadion itu.

Sebelum dioperasikan, ada surat permohonan PT Mahesa Jenar untuk ambil alih operasional stadion dengan sistem sewa. Proses tersebut sempat terhenti karena pandemi. Lalu, ketika sudah ada lampu hijau kompetisi sepak bola boleh diselenggarakan tanpa penonton, Oktober 2020 PT Mahesa Jenar sepakat untuk menyewa stadion.

Pihaknya mengatakan dalam kurun waktu enam bulan, PT Mahesa Jenar mengeluarkan biaya sewa sebesar Rp 500 juta untuk Pemkot Semarang. Bagi Suhindoyo, biaya sewa sebesar itu sudah berdasarkan hasil rapat dan dirasa sangat menguntungkan.

"Menurut saya ini simbiosis mutualisme. Di sisi lain Pemkot mendapatkan pemasukan dari PT Mahesa Jenar. Di sisi lain pula, Pemkot tidak perlu mengeluarkan biaya untuk operasional maupun perawatan stadion," imbuhnya.

Semula pihak Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Semarang menghendaki, agar PT Mahesa Jenar bisa menyewa selama periode satu tahun. Namun karena alasan keuangan perusahaan sedang tidak baik, maka PT Mahesa Jenar meminta kepada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Semarang untuk memberikan kompensasi masa sewa.

"Akhirnya kami sepakati sewa enam bulan sejak Oktober 2020 hingga Maret 2021. Apabila ingin diperpanjang akan kami evaluasi lagi. Sebab, ketika stadion sudah disewa oleh PT Mahesa Jenar, seluruh biaya operasional dan rehabilitasi kerusakan ditanggung oleh pihak penyewa. PT Mahesa Jenar pun menyepakatinya," jelasnya.

Suhindoyo mengaku ketika Stadion Citarum Semarang disewakan untuk umum, pihaknya sudah tidak memiliki kewenangan. Sebab, seluruh penggunaan stadion sudah diserahkan kepada PT Mahesa Jenar. (tim)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved