Breaking News:

Liputan Khusus

Tarif Sewa Stadion Citarum Akhir Pekan Melonjak Jadi Segini

David, Pengurus Stadion Citarum Semarang, mengakui tiap bulan selalu penuh penyewa.

tribunjateng/faizal m affan
TARIF SEWA - Daftar Tarif Sewa Stadion Citarum Semarang per dua jam, mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 3,5 juta dan laris manis 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Hampir tiap bulan, penyewaan Stadion Citarum sudah penuh. Meski saat ini masih pandemi, faktanya banyak klub sepak bola antusias menyewa stadion mahal untuk bisa main sepak bola.

David, Pengurus Stadion Citarum Semarang, mengakui tiap bulan selalu penuh penyewa. Hanya di jam-jam tertentu saja, stadion tidak digunakan karena kurang diminati.

"Biasanya yang kosong itu pas hari kerja siang jam 10 sampai jam 12. Kalau week end dari pagi sampai malam pasti penuh. Ini untuk bulan Februari dan Maret saja sudah banyak terisi agendanya," terang David.

RUMPUT SINTETIS - Stadion Citarum di Kota Semarang makin cantik menggunakan rumput sintetis setelah renovasi selesai.
RUMPUT SINTETIS - Stadion Citarum di Kota Semarang makin cantik menggunakan rumput sintetis setelah renovasi selesai. (tribunjateng/faizal m affan)

Lapangan di Stadion Citarum Semarang bisa disewa mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB setiap harinya. Harga sewanya pun bervariasi menyesuaikan jam dan hari kapan diadakannya pertandingan oleh penyewa.

"Pada hari Senin hingga Jumat jam 06.00 - 10.00 WIB sewanya Rp 1,5 juta per dua jam. Sedangkan jam 10.00 - 14.00 WIB harga sewanya Rp 1,25 juta per dua jam. Lebih murah karena peminatnya jarang di jam tersebut. Sedangkan jam 14.00 - 18.00 WIB harga sewanya Rp 2 juta per dua jam. Kemudian untuk jam 18.00 - 22.00 WIB harga sewanya Rp 3 juta per dua jam," bebernya.

Khusus akhir pekan, harga sewa berbeda lagi. Pada pukul 06.00 - 10.00 WIB harga sewanya Rp 1,75 juta per dua jam. Sedangkan pukul 10.00 - 14.00 WIB harga sewanya sama dengan hari biasa.

Kemudian pada pukul 14.00 - 18.00 WIB harga sewanya Rp 2,5 juta per dua jam. Terakhir, pukul 18.00 - 22.00 WIB harga sewanya Rp 3,5 juta per dua jam. Biaya penyewaan tersebut berlaku mulai bulan Januari 2021.

"Siapapun yang menyewa stadion mendapatkan fasilitas lapangan standar internasional. Rumput sintetis dari Jerman. Kemudian lampu stadion jika dirasa perlu atau ketika ada pertandingan malam. Lalu bench pemain, kamar mandi, mushala, dan parkir yang luas," tegas David.

Jika melihat dari jadwal agenda yang dipaparkan oleh tim Tribun Jateng, jadwal penyewa pada akhir pekan hingga bulan Maret 2021 sudah hampir penuh. Hanya pada jam pagi hingga siang saja yang masih kosong. Itupun di hari biasa.

"Yang datang bulan ini saja banyak yang sudah booking pada bulan Februari dan Maret. Biasanya kalau mau booking, ada DP 20 persen dari biaya sewa. Itu bisa kembali jika yang membatalkan atau mengubah jadwal dari pihak kami. Kalau dari pihak penyewa tidak bisa. Namun jarang sekali terjadi, karena kami selalu konfirmasi terlebih dahulu," ucapnya.

Pemasukan yang didapat oleh pengurus Stadion Citarum Semarang juga digunakan untuk perawatan stadion. Seminggu sekali, pengurus stadion akan melakukan perbaikan pada rumput dan fasilitas lainnya.

"Kami seminggu sekali memperbaiki kondisi rumput dan fasilitas lain. Pemasukan dari sewa juga kami gunakan untuk operasional stadion maupun manajemen. Sebagian juga untuk menggaji pemain PSIS selama tidak ada kompetisi," terangnya.

Pengelola Stadion Citarum Semarang juga rutin menyemprotkan desinfektan pada area tertentu. Hal itu dilakukan setiap selesai ada pertandingan. "Penyewa wajib menggunakan masker, kecuali saat bertanding saja. Yang boleh masuk stadion dibatasi maksimal 50 orang saja supaya tidak ada kerumunan," tandasnya. (tim)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved