Breaking News:

Berita Pati

Panitia Pilkades Serentak di Pati Akan Kerja Sama dengan Satgas Penanganan Covid-19

Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Pati akan bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid-19 terkait penerapan protokol kesehatan.

TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Kasubbag Bina Pemerintahan Desa pada Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Fendy Eko Sulistianto 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Pati akan bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid-19 terkait penerapan protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Kasubbag Bina Pemerintahan Desa pada Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Fendy Eko Sulistianto.

Sebagaimana diketahui, pada 10 April 2021 mendatang, 219 desa di Pati akan mengikuti gelaran Pilkades serentak.

Fendy mengungkapkan, karena masih situasi pandemi, penerapan protokol kesehatan menjadi perhatian serius dalam pelaksanaan Pilkades.

“Panitia pengawas di tingkat kecamatan nanti melibatkan Satgas Covid tingkat kecamatan, bisa Kepala Puskesmas. Di tingkat desa nanti bisa bidan atau dokter,” ungkap dia, Kamis (14/1/2021).

Ia menyebut, pelibatan tenaga kesehatan ini terkait sosialisasi hingga penerapan protokol kesehatan di lapangan selama tahapan-tahapan Pilkades berlangsung.

“Edukasi hingga penanganan yang sifatnya insidentil di lapangan penting menjadi perhatian agar mencegah adanya klaster (penularan corona) saat Pilkades,” ujar Fendy.

Ia menyebut, Bupati telah meneken Perbup Nomor 88 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkades. 

Nantinya Perbup tersebut akan ditindaklanjuti lagi oleh bupati dengan mengatur secara rinci penerapan protokol kesehatan.

“Dari tahapan pembentukan panitia, pengumuman, pendaftaran calon, masa kampanye, hari pencoblosan hingga penghitungan.

Semua tahapan ini akan diatur sesuai protokol kesehatan. Misalnya saat pencoblosan dibagi waktunya agar tak menimbulkan kerumunan.

Begitu pun lokasi pencoblosan harus layak, artinya tempat yang luas seperti lapangan atau gedung sekolah untuk menghindari kerumunan,” papar dia. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved