Breaking News:

Berita Kendal

Saluran Irigasi Depan Rumah Dinas Bupati Kendal Dikeruk

DPUPR melakukan normalisasi saluran irigasi tersier di depan Rumah Dinas Bupati Kendal.

Istimewa
Pengerukan sedimentasi tanah di depan rumdin Bupati Kendal yang baru dengan mengerahkan satu unit ekskavator, Jumat (15/1/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Guna mempersipkan rumah dinas Bupati Kendal baru yang rencananya bakal ditempati oleh bupati terpilih, Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) Kendal bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) melakukan normalisasi saluran irigasi tersier di depan Rumah Dinas Bupati Kendal yang berada di Kelurahan Jetis Kecamatan Kota Kendal.

Pengerukan sedimentasi saluran air menggunakan satu unit ekskavator dengan dibantu kelompok tani.

Ketua HKTI Kabupaten Kendal, Tardi mengatakan, sungai yang dinormalisasi sepanjang 1 kilometer. Pengerukan dilakukan untuk mengendalikan banjir dan menjaga kebersihan kawasan di depan Rumah Dinas Bupati yang akan ditempati.

"Kondisi sungai sudah dangkal karena sudah beberapa tahun tidak dilakukan pengerukan. Jika tidak segera dilakukan pengerukan, dikhawatirkan terjadi banjir, saat ini juga sering turun hujan," terangnya di Kendal, Jumat (15/1/2021).

Selain untuk menciptakan lingkungan yang bersih, lanjut Tardi, normalisasi sungai ini juga bertujuan untuk memperlancar aliran air yang mengairi 60 hektar persawahan. Meliputi persawahan di Kelurahan Jetis, Kelurahan Tunggulrejo dan Desa Purwokerto Kecamatan Patebon 

Katanya, tak sedikit petani kesulitan air karena aliran sungai tersendat akibat badan sungai dangkal. Ia berharap, aliran sungai akan lancar sehingga banjir bisa dicegah.

"Ketika aliran sungai lancar, dapat memberikan manfaat pada petani. Kalau sungai dangkal, kebutuhan air tidak mencukupi untuk mengairi sawah yang sebagian besar ditanami padi. Karena itu perlu dilakukan upaya pencegahan," tuturnya. (*)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved