Breaking News:

Penanganan Corona

Sebanyak 4.000 Komorbid di Banyumas Jalani Tes Antigen Massal

Tujuan pelaksanaan tes swab antigen secara massal ini adalah untuk mendeteksi yang berusia diatas 55 tahun dan punya penyakit bawaan

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Sebanyak 4.000 orang komorbid yang berasal dari kelompok lansia hari ini mengikuti tes swab antigen secara massal di Banyumas, pada Senin (18/1/2021).

Tujuan pelaksanaan tes swab antigen secara massal ini adalah untuk mendeteksi orang-orang yang berusia diatas 55 tahun dan punya penyakit bawaan.

Mereka para lansia dengan komorbid ini juga sekaligus mendapat sosialisasi untuk meningkatkan kehati-hatian terhadap penularan Covid-19.

"Dicek pakai tes swab antigen kalau ada yang positif maka akan ditindaklanjuti menggunakan tes PCR," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Banyumas, dr. Setia Rini kepada Tribunbanyumas.com, Senin (18/1/2021).

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, bahwa rata-rata yang meninggal adalah mereka yang berumur 55 tahun ke atas.

Pihaknya menyampaikan jika kurang lebih ada 80 desa yang diikutkan dan dipilih berdasarkan angka kematian tertinggi.

Tes swab antigen secara massal ini diprioritaskan kepada para lansia dengan komorbid atau kelompok rentan risiko tinggi.

Dengan tes swab antigen ini nantinya akan langsung, diketahui apakah mereka positif atau negatif.

Kalau ada yang positif maka akan ditindak lanjuti ke tes PCR.

Sementara itu Lurah Sumampir, Purwokerto Utara, Trisni Hayati mengatakan jika komorbid yang terdata sebenarnya ada 53 orang.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved