Breaking News:

Berita Tegal

Berikut Alur Pelayanan Vaksinasi Covid-19 yang Harus Diketahui Calon Penerima Vaksin

Vaksinasi Covid-19 sudah berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, namun untuk di Kabupaten Tegal sendiri diperkirakan baru pada bulan Februari 2021

TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
Kepala Dinkes Kabupaten Tegal, Hendadi Setiadji, saat memantau simulasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Slawi pada Senin (18/1/2021) kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Vaksinasi Covid-19 sudah berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, namun untuk di Kabupaten Tegal sendiri diperkirakan baru pada bulan Februari 2021 mendatang. 

Simulasi pelaksanaan vaksinasi pun mulai gencar dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Tegal, seperti pada Senin (18/1/2021) kemarin berlokasi di Puskesmas Slawi. 

Sedangkan hari Selasa (19/1/2021) simulasi berlangsung di RSUD dr Soeselo Slawi. 

Adapun untuk tahap pertama pemberian vaksinasi diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan penunjang kesehatan.

Sehingga pada simulasi yang menjadi peraga ilustrasi pelaksanaan vaksinasi yaitu tenaga kesehatan.

"Tujuan simulasi ini selain mengecek kesiapan juga memberikan gambaran saat nanti vaksinasi yang sesungguhnya.

Ada empat tahap yang harus dilalui oleh calon penerima vaksin, tapi kalau yang proses nya agak lama memang dibagian meja tahap 2 karena dilakukan skrining," ujar Hendadi, pada Tribunjateng.com, Senin (18/1/2021) kemarin.

Dikatakan, untuk di Kabupaten Tegal sendiri fasilitas kesehatan yang siap untuk melangsungkan vaksinasi yaitu 29 Puskesmas, 9 rumah sakit, dan 1 klinik.

Adapun di setiap faskes yang melangsungkan vaksinasi, disediakan ruang khusus untuk menangani penerima vaksin yang mungkin mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau yang sering disebut KIPI.

KIPI merupakan kejadian medis yang tidak diinginkan, terjadi setelah pemberian imunisasi dan belum tentu memiliki hubungan kausalitas dengan vaksin.

Halaman
123
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved