Breaking News:

Berita Kebumen

Penanganan Jalan Rusak Kebumen Butuh Rp 2,7 Triliun, Pemkab Gak Kuat

Kondisi jalan kabupaten yang rusak dikeluhkan sebagian masyarakat Kabupaten Kebumen.

Istimewa
Sarasehan Kepala Desa se-Kecamatan Sempor di Aula Kecamatan Sempor, kemarin Senin (18/01/2021). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, KEBUMEN - Kondisi jalan kabupaten yang rusak dikeluhkan sebagian masyarakat Kabupaten Kebumen, tak kecuali di Kecamatan Sempor. 

Keluhan ini pula diterima langsung oleh Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat Sarasehan Kepala Desa se-Kecamatan Sempor di Aula Kecamatan Sempor, kemarin Senin (18/01/2021). 

Menyikapinya keluhan itu, Arif mengakui anggaran Pemkab Kebumen tidak mampu untuk memperbaiki seluruh panjang jalan yang rusak.

Ia mengatakan, dari perhitungan Dinas PU PR Kabupaten Kebumen, untuk penanganangan jalan rusak di Kabupaten Kebumen, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 2,7 triliun.  Pemkab Kebumen, menurut dia, tidak memiliki anggaran sebesar yang dibutuhkan itu. 

Tetapi Arif akan mengkomunikasikan kebutuhan anggaran perbaikan jalan di Kabupaten Kebumen itu 
dengan pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Tengah. 

"Karena anggaran tidak mencukupi, akan diprioritaskan mana yang perlu, dan dibagi dengan baik," jelasnya, Selasa (19/1/2021) 

Di sisi lain, Arif menyampaikan program 'go green' di perkotaan dengan mengganti lampu penerangan jalan umum (LPJU) dengan lampu bertenaga surya. Penggantian lampu bertenaga surya sekaligus untuk menghemat tagihan listrik yang diakui wakil bupati cukup besar.

"Lampu jalan di kota akan diganti dengan tenaga surya. Lampu di kota dipindah ke desa agar desa semakin terang, desa terang," tegas Arif 

Pada kesempatan sama, Arif juga mendorong penguatan ekonomi kerakyatan melalui BUMDes Bersama yang dikelola secara profesional.

BUMDes Bersama menjadi perhatian karena digadang mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat desa dan menaikkan pendapatan desa. Selain itu, BUMDes juga menciptakan lapangan kerja, dan kesempatan berusaha bagi masyarakat desa. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved