Breaking News:

Berita Tegal

Tahun 2021, Pemkab Tegal Prioritaskan Perbaikan Jalan di 28 Titik

Upaya Pemkab Tegal dalam memperbaiki sarana infrastruktur jalan terus dilakukan, meskipun dana yang akan dialokasikan terkena refocusing anggaran.

TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
Jalan rusak yang terdapat di Desa Babakan Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Jalan terlihat berlubang di bagian sisi sebelah kiri dengan kedalaman yang cukup lumayan. Foto oleh Desta Leila Kartika. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Upaya Pemkab Tegal dalam memperbaiki sarana infrastruktur jalan terus dilakukan, meskipun dana yang akan dialokasikan terkena refocusing anggaran.

Di tahun 2021 saja, Pemkab Tegal hanya dapat memproritaskan perbaikan jalan di 28 titik. 

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tegal Heri Suhartono, saat acara Rakor Program Jalan Halus Kabupaten Tegal, di Ruang Rapat Sekda pada Senin (18/01/2021) kemarin.

"Dari jumlah 28 titik yang akan dikerjakan 25 berasal dari dana APBD dan sisanya bersumber dari DAK 2021," kata Heri, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Selasa (19/1/2021). 

Pada kesempatan ini, Heri juga mengatakan sesuai Surat Keputusan Bupati Tegal Nomor 050/583/2014, ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Tegal sepanjang 847,27 kilometer. 

Dari total panjang ruas jalan kewenangan Pemkab Tegal, tercatat pada akhir tahun 2020 status jalan mantap dengan kondisi baik dan sedang terdapat 81,14 persen atau 687,44 kilometer. 

Sedangkan untuk kondisi jalan rusak ringan dan rusak berat mencapai 18,86 persen atau 159,83 kilometer.

Minimnya alokasi anggaran, Heri menjelaskan terdapat strategi untuk mencapai jalan mantap atau jalan bebas lubang di tahun 2024. 

Di antaranya mempertahankan kondisi jalan yang sudah mantap dengan melaksanakan pemeliharaan rutin baik pada bangunan utama maupun bangunan pelengkapnya. 

Melaksanakan pemeliharaan berkala pada jalan yang berkondisi rusak ringan, serta melaksanakan peningkatan jalan pada jalan yang berkondisi rusak berat. 

Halaman
1234
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved