Breaking News:

Berita Kebumen

Hari ke 9 PPKM di Kebumen, Warga Dinilai Kian Tertib

Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang dimulai 11 Januari lalu telah memasuki hari ke 9.

Istimewa
Pendisiplinan warga pelanggar protokol kesehatan oleh Polres Kebumen, Selasa (19/1/2021). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, KEBUMEN - Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang dimulai tanggal 11 Januari lalu telah memasuki hari ke 9. Polres Kebumen masih terus menggelar kegiatan Operasi Yustisi atau pendisiplinan adaptasi kebiasaan baru. 

Polres rutin mendisiplinkan warga agar patuh menggunakan masker dan tidak berkerumun di tempat umum.  Seperti siang ini, Selasa (19/1/2021), Polsek Kebumen menggelar kegiatan Operasi Yustisi di depan Mapolsek. 
Seperti biasa, warga yang tidak mengenakan masker, diberikan sanksi sosial. 

"Sanksi sesuai permintaan si pelanggar. Bisa berupa menyanyikan lagu kebangsaan, bisa juga membersihkan fasilitas umum atau menghafal Pancasila," jelas Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubbag Humas Polres Iptu Sugiyanto, Selasa (19/1/2021) 

Dalam operasi yang digelar sejak pukul 08.30 WIB sampai pukul 10.00 WIB, petugas hanya menemukan satu pelanggaran.
Warga yang melanggar memilih menghafal Pancasila di depan petugas Polsek. Berkurangnya jumlah pelanggar ini tentu menjadi sinyal positif. Dengan kata lain, menurut dia, masyarakat Kebumen sudah tertib. 

"Semakin kesini warga masyarakat semakin sadar pentingnya mengenakan masker," ungkapnya. 

Pada kesempatan itu, Polsek Kebumen juga menggelar pembagian masker kepada  masyarakat, meski mereka telah memiliki masker. Baiknya, warga memang perlu memiliki lebih banyak masker agar bisa sering ganti. 

Seperti diingatkan ahli, masker kain hanya efektif digunakan 4 jam. Setelah 4 jam, baiknya masker diganti demi alasan kesehatan.  Penggunaan masker dapat menahan droplet pembawa virus corona sehingga dapat membantu memutus mata penyebaran COVID-19. 

Dikutip dari lama resmi Pemkab Kebumen, angka positif COVID-19 di Kebumen hingga hari ini mencapai 4.219 orang, 187 orang dilaporkan meninggal dunia. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved