Breaking News:

Berita Batang

Semangat Literasi di Tengah Pandemi, Disperpuska Gelar Lomba Baca Puisi Literasi Melampaui Pandemi"

Disperpuska Kabupaten Batang gelar lomba puisi dan esai yang dapat diikuti seluruh warga Jawa Tengah.

Semangat Literasi di Tengah Pandemi, Disperpuska Gelar Lomba Baca Puisi Literasi Melampaui Pandemi
Tribun Jateng/Dina Indriani
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Kabupaten Batang menggelar lomba puisi dan esai.

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Kabupaten Batang menggelar lomba puisi dan esai yang dapat diikuti seluruh warga Jawa Tengah dengan tema "Literasi Melampaui Pandemi".

Melalui lomba tersebut, para pecinta literasi diberikan ruang untuk mengungkapkan perasaannya di tengah pandemi Covid-19.

Sekretaris Disperpuska Batang, M. Saefuddin Zuhri mengatakan, lomba ini menjadi salah satu media dari sekian banyak cara untuk mengungkapkan perasaan tentang pandemi.

“Kami memberi kesempatan kepada anak-anakku semua yang punya hobi menulis puisi dan esai, bisa menyampaikan pengalamannya di tengah pandemi ini,” tuturnya, Rabu (20/1/2021).

Menurutnya, menulis puisi dan esai lalu mengirimkannya melalui email dinilai cara paling aman untuk tetap berekspresi, karena peserta tidak perlu datang langsung ke tempat perlombaan.

“Para penulis tidak dibatasi dalam menuangkan karyanya, tapi dipersilakan untuk mengambil pengalaman atau kejadian di daerah lain, bahkan seputar vaksinasi pun bisa dijadikan sebagai acuan dalam menulis puisi maupun esai,” ujarnua. .

Saefuddin menjelaskan, ll hasil karya seluruh warga Jawa Tengah diharapkan, dapat mempengaruhi khalayak untuk mengikuti imbauan Pemerintah, agar menyikapi pandemi secara bijaksana.

“Sekarang peserta yang sudah mengirimkan karyanya ada dari Kabupaten Batang, Kabupaten Demak, Kota Pekalongan dan Kota Tegal. 

Yang saat ini sedang nulis puisi dan esainya masih ada waktu sampai 23 Januari 2021 pukul 00.00 WIB,” imbuhnya.

Silahkan bagi yang ada di Grobogan, Purbalingga, Tegal, Klaten, Pekalongan dan seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah kirimkan karya terbaik kalian ke alamat email lombapuisiesai2021@gmail.com, dengan subyek #Nama#Lomba Puisi/Esai (pilih)#Judul#Kota/Kabupaten, sertakan foto close up, KTP atau kartu pelajar.

Bupati Batang Wihaji mengapresiasi ide kreatif tersebut, karena meski seluruh masyarakat Kabupaten Batang khususnya dan Provinsi Jawa Tengah umumnya, masih mengalami pandemi, namun tetap dapat mengekspresikan segala hal tentang situasi Covid-19, dengan memanfaatkan media lomba puisi dan esai yang digagas Disperpuska.

“Ini cara kita membuka ruang kreatif dan inovatif bagi seluruh warga Jawa Tengah, untuk tetap eksis mencurahkan pikirannya berbentuk puisi dan esai

Ini semangat para pecinta literasi, bagian dari tanggung jawab dan kewajiban pemerintah daerah, memberikan ruang berekspresi,” tutur Bupati Wihaji. 

Wihaji berharap semangat literasi ini harus tetap terjaga di seluruh Jawa Tengah, dengan terus berkarya apapun dan bagaimanapun situasi serta kondisinya.

“Tetap semangat, jaga terus kesehatan warga Kabupaten Batang dan seluruh Jawa Tengah, salam literasi terus kreatif serta inovatif,” pungkasnya. (*) 

Penulis: dina indriani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved