Breaking News:

Kecantikan

Jangan Sembarang Cabut Bulu Ketiak, Teknik Laser Treatment Bikin Aman

Kulit ketiak harus diperhatikan kebersihannya agar tetap tampil maksimal dan percaya diri.

tribunjateng/dok
Tips Merawat Bagian Tubuh Tersembunyi Tetap Putih, Jangan Sembarang Cabut Bulu Ketiak 

Teknik Laser Treatment Bikin Aman dan Nyaman dalam Rawat Kulit Ketiak agar Tak Menghitam 

TRIBUNJATENG.COM - Beberapa orang biasanya hanya fokus melakukan perawatan pada bagian tubuh yang terlihat saja. Padahal, ada beberapa bagian tubuh yang sangat penting untuk dirawat dan menjadi pengaruh besar dalam menumbuhkan rasa percaya diri setiap hari. Misalnya saja bagian ketiak, yang harus diperhatikan kebersihannya agar tetap tampil maksimal dan percaya diri.

Dokter Ayuningtyas Utami, dipl CIBTAC, dokter kecantikan Immoderma Skin Clinic Kota Semarang, mengutip sebuah penelitian, ada pengaruhnya antara ketiak dengan rasa percaya diri wanita. Sebanyak 56 persen wanita sangat setuju kalau ketiak cerah dapat meningkatkan rasa percaya diri, meski tertutup. Bahkan, pentingnya menjaga kebersihan ketiak juga berpengaruh untuk hubungan dengan orang terdekat.

"Dalam merawat ketiak, bulu yang tumbuh di bagian tersebut sejatinya tidak harus rutin dicukur. Mencukur atau mencabut bulu ketiak terlalu sering nyatanya tidak baik untuk kulit ketiak. Alangkah baiknya bila ingin memangkasnya, kalian bisa menggunakan teknik laser treatment agar lebih aman," katanya.

Cara kerjanya sendiri yaitu dengan menggunakan sinar yang dapat menembus lapisan kulit bawah (dermis) tanpa melukai permukaan kulit (epidermis). Sinar ini akan menghancurkan melanin yang menyebabkan ketiak berwarna gelap dan menghancurkan folikel rambut. Sehingga ketiak akan putih dan bersih dari bulu.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sebenarnya ada banyak faktor yang membuat kulit ketiak menghitam, antara lain faktor genetik, kebiasaan mencabut atau mencukur rambut, efek samping konsumsi obat, gangguan hormon, dan masalah kesehatan seperti resistensi insulin, obesitas, hingga kanker. Hal lain yang perlu digarisbawahi adalah berbagai penyebab tersebut memicu produksi melanin berlebih sehingga kulit ketiak menjadi lebih gelap. "Jika kondisi ini sedang kalian alami, biasanya para dokter kecantikan akan melakukan berbagai langkah ini. Yakni dimulai dengan mengoleskan krim atau pelembap, paparnya.

Utamakan memakai bahan-bahan yang alami. Lalu, pakai krim topikal dan Antibiotik. Jangan lupa konsumsi obat oral dan gunakan hair removal & photo laser – under arms. Perlu diingat, semua cara tersebut hanya biasa dilakukan oleh dokter-dokter kecantikan. Namun, untuk perawatan secara mandiri, kalian cukup rutin bersihkan bagian ketiak dengan benar saat mandi. Lalu, keringkan dengan benar. Gunakan perawatan alami dengan daun sirih. Lalu tak lupa memakai scrub dan masker ketiak. Selanjutnya disarankan sering-sering menggunakan pakaian longgar dan memakai deodorant yang tepat.

Dalam merawat ketiak, penting juga menghindari beberapa hal ini. Di antaranya yakni jauhi penggunaan deodorant beralkohol. Kalian dianjurkan untuk memakai produk deodoran yang bebas alkohol. Serta jangan lupa untuk menjaga jarak setidaknya 15 cm saat menyemprotkannya (khusus bagi deodorant spray). (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved