Breaking News:

Berita Banjarnegara

Jalan Provinsi Desa Gripit Banjarnegara Tertimbun Longsor, Pengendara Terancam

Material longsor bahkan telah menutup sebagian badan jalan dengan volume tebal

TRIBUNJATENG. COM, BANJARNEGARA - Pergerakan tanah di Desa Gripit Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara kian parah. Masalahnya, longsor bukan hanya mengancam pemukiman, namun juga jalan provinsi ruas Banjarmangu-Karangkobar.

Jalan itu sekaligus menghubungkan Kabupaten Banjarnegara dengan Kabupaten Pekalongan via Kalibening. Jalur itu juga menjadi akses menuju kawasan wisata Dieng via Banjarnegara.

Material longsor bahkan telah menutup sebagian badan jalan dengan volume tebal.

Kendaraan sulit untuk berpapasan karena timbunan longsor di jalan. Pengendara harus ekstra hati-hati dan berjalan pelan saat melintasi lokasi longsor.

Di atas tebing, tampak rumah warga yang terancam terseret pergerakan. Tanah tebing terus merayap mengarah ke jalan raya di bawahnya.

"Itu di atasnya ada rumah, terus di bawahnya jalan. Tanah bergerak terus kalau hujan, " kata Karyanto, pengguna jalan, Jumat (22/1/2021)

Karyanto adalah pedagang sembako di komplek kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Desa Kesenet, Banjarmangu. Tiap hari ia melintasi jalan provinsi dari rumahnya di Desa Prendengan, Banjarmangu menuju kiosnya.

Ia mengaku merasa was-was setiap kali melintasi jalan itu. Dari jalan, pemandangan tebing yang longsor tampak mengerikan. Terlebih saat hujan, tebing yang sebagian materialnya telah terlepas itu menjadi lebih labil karena terkikis air hujan.

Ia khawatir, karena pergerakan terus terjadi, longsor bisa menutup seluruh badan jalan.

Padahal, jalan itu merupakan jalur ramai kendaraan. Terlebih, jalan itu menghubungkan banyak kecamatan dan dua kabupaten bertetangga.

Kondisi jalan yang menikung dari arah atas atau Karangkobar cukup berbahaya. Pengendara bisa terlambat menyadari atau terkaget ketika tiba-tiba menjumpai ada material longsor di depannya.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved