Breaking News:

Berita Solo

Logistik Rumah Sakit Lapangan Benteng Vastenburg Solo Tiba Hari Ini

Logistik rumah sakit lapangan (rumkitlap) TNI AD di Benteng Vastenburg tiba hari ini, Jumat (22/1/2021).

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Logistik rumah sakit lapangan (rumkitlap) TNI AD di Benteng Vastenburg tiba hari ini, Jumat (22/1/2021).

Komandan Korem (Danrem) 074 Warastratama Solo, Kolonel (Inf) Rano Tilaar menyampaikan, logistik itu berupa tenda, jamban portabel, dan lainnya yang didatangkan dari Jakarta.

"Hari ini juga akan dilaksanakan gelar (pemasangan tenda). Dalam gelar ini kita dibantu oleh rekan-rekan KNPI, Menwa, dan sebagainya yang mana merupakan wujud dari sinergitas," jelasnya.

Menurutnya, sinergitas ini menunjukkan besarnya antusias masyarakat Solo dalam menyambut bantuan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD).

"Tujuan mendirikan rumah sakit lapangan, nantinya diharapkan untuk berkontribusi menekan angka keterinfeksian masyarakat Kota Solo dari covid-19," ucapnya.

Rano mengatakan idealnya bisa digelar dalan waktu 7 hari untuk komponen infrastruktur.

"Namun bagaimana operasional tenaga medis ini perlu kita berkoordinasi lebih dekat lagi. Nanti, hal-hal teknis tentunya rumah sakit ini harus streril," terangnya.

Menurutnya, setelah bongkar muat komponen infrastruktur, akan dilanjutkan gelar untuk disterilkan.

"Mungkin akan lebih singkat (proses sterilisasi) daripada gelar," jelasnya. 

Diketahui ketersediaan tempat tidur pada rumkitlap untuk pasien sebanyak 100 tempat tidur. Untuk tenaga kesehatan (Nakes) sebanyak 100 orang dari Rumah Sakit Tentara (RST) Slamet Riyadi. 

Halaman
12
Penulis: Muhammad Sholekan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved