Breaking News:

Universitas Semarang

Upaya Pengenalan dan Pelestarian Makanan Zaman Dulu kepada Anak-Anak Milenial

Melalui kampanye ini diharapkan masyarakat dapat mengenal kembali makanan khas yang sering dijumpai pada masa kecil.

IST
Upaya Pengenalan dan Pelestarian Makanan Zaman Dulu atau Jajanan Pasar ke Anak-Anak Zaman Sekarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK), Universitas Semarang (USM) menggelar rangkaian kampanye makanan khas atau yang sering kita sebut jajanan pasar tepatnya di Taman Sri Gunting, Kota Lama Semarang.

Rangkaian kampanye dilakukan hari Sabtu,16 Januari 2021 pada sore hari dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kampanye ini dilakukan untuk mengingat kembali jajanan pasar yang sudah jarang ditemui, bahkan sebagaian masyarakat tidak tahu nama dan asal makanan tersebut.

Melalui kampanye ini diharapkan masyarakat dapat mengenal kembali makanan khas yang sering dijumpai pada masa kecil.

Tidak hanya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya, menjaga eksistensi kuliner tradisional serta menempatkannya sejajar atau bahkan lebih tinggi dari kuliner asing, akan memberi dampak yang luas bagi masyarakat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan tradisional dan membelinya langsung dari penjual di pasar-pasar tradisional.

Hal inilah yang coba dilakukan dalam kampanye "Mengenal dan mengingat jajan ndeso yang khas dari berbagai daerah di Jateng".

Kampanye berlangsung di Kota Lama Semarang yaitu tempat wisata di Semarang yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota, dengan menggandeng para pengunjung wisata untuk meramaikan kampanye ini.

"Ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk ikut ambil bagian dalam melestarikan warisan kuliner asli Indonesia agar tidak pudar diterjang serbuan makanan internasional." ujar salah satu mahasiswa FTIK USM. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved