Breaking News:

Focus

Belajar Ikhlas dari Mbah Rum

Namun tanpa alasan Mbah Rum akhirnya memilih kembali ke Purworejo setelah lama tinggal di Surabaya

Penulis: galih permadi | Editor: muslimah
Tribun Jateng
Galih Permadi 

Oleh Wartawan Tribun Jateng

Galih Permadi

“Yah, celana panjang mas dipotong 17 cm ya,” demikian titah ibu negara Jumat (22/1/2021) pagi kemarin. Saya pun menuju kawasan Kemuning tak jauh dari Pasar Baledono Purworejo.

Di kawasan Kemuning berjejer belasan penjahit, baik itu penjahit pakaian atau sol sepatu. Waktu menunjukkan sekitar pukul 09.30. Pagi itu, masih terhitung jari penjahit yang membuka kiosnya.

Kios penjahit langganan istri waktu itu masih tutup. Saya lantas berhenti di sebuah kios di sebelahnya dan terlihat seorang penjahit tua berkacamata sedang beberes menata kiosnya. Dari sebuah obrolan, saya lalu tahu nama panggilan beliau adalah Mbah Rum.

“Daleme pundi tho mas?,” Mbah Rum mencoba membuka obrolan sembari menjahit bawahan celana panjang anak pertama saya. “Kulo Purwodadi mbah,” jawab saya.

“Penak nggih duwe kerja, duwe jabatan. Nek kulo nggih ngeten mawon,” mendadak Mbah Rum berkata demikian. Mbah Rum tampaknya ingin ngudarasa apa yang sedang dia rasakan. “Lha pripun tho Mbah?,” saya menyahut.

Dari cerita Mbah Rum, ada secuil penyesalan hingga akhirnya belasan tahun menjadi penjahit. Dia merasa minder dengan kondisi dirinya dibanding dengan kakak dan adiknya. “Mas kalih adik kulo nduwe jabatan. Dadi TU PTPN nang Surabaya, adik kulo guru. Kulo ngeten mawon,” keluh Mbah Rum.

Namun tanpa alasan Mbah Rum akhirnya memilih kembali ke Purworejo setelah lama tinggal di Surabaya. Mbah Rum rela berkorban pulang demi merawat ibunya yang sakit. Apalagi waktu itu dirinya hanya hidup dengan putri semata wayangnya lantaran suami meninggal dunia.

“Mungkin wis dalan e kulo. Kon bali ngerawat ibu. Nggih kulo akhire wis ikhlas ngerawat ibu ta anggep ibadah,” kata Mbah Rum yang akhirnya berdamai dengan keadaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved