Breaking News:

Berita Kebumen

900 Nakes RSUD Kebumen Terima Vaksin, Langsung Diberi Sertifikat

Sebanyak 900 Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soedirman Kebumen menerima program vaksinasi.

Istimewa
Vaksinasi pertama untuk pejabat utama di Kebumen, Senin (25/1/2021) lalu. 

TRIBUNBANYUMAS. COM, KEBUMEN - Sebanyak 900 Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soedirman Kebumen menerima program vaksinasi.

Direktur Rumah Sakit Dokter Widodo Suprihantoro mengatakan, pelaksanaan vaksin untuk pegawainya dimulai Senin (25/1/2021). Hingga Kamis (28/1/2021) vaksinasi untuk tenaga kesehatan itu ditargetkan selesai. 

"Ada 900 Nakes kita yang akan di vaksin, dan Insya Allah Kamis selesai,’’ungkapnya, Kamis (26/1/2021). 

Terkait pelaksanaan Vaksinasi, Widodo mengungkapkan, sejumlah fasilitas kesehatan di RSUD Kebumen telah dipersipakan untuk mendukung jalannya program vaksinasi covid-19. Dengan begitu diharapkan pelaksanaan program itu dapat berjalan aman dan lancar.

Proses vaksinasi akan terbagi menjadi empat tahap. Meja pertama disiapkan untuk tempat pendaftaran atau verifikasi peserta. Meja kedua untuk skrining atau mencatat identitas dan keluhan komorbid. 

Meja ketiga sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi. Sedangkan meja terakhir untuk pencetakan kartu dan observasi kejadian ikutan setelah vaksinasi.

Pasca divaksin, lanjut Widodo, setiap penerima akan diobservasi selama 30 menit. Apabila bergejala, penerima vaksin akan segera dimasukkan ke IGD. Pihaknya telah mempersiapkan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang disitu ada sebuah ruangan khusus lengkap dengan tim medis. 

"Kita sudah siapkan untuk menangani gejala pasca Imunisasi vaksin Covid 19, dan setelah divaksin langsung diberikan sertifikat. Sertifikat bisa didownload secara langsung melalui aplikasi yang tersedia,’’ucapnya.

Di sisi lain, Widodo menjelaskan, hingga kini ada 50 pasien covid 19 di RSDS Kebumen  yang sedang dirawat. Adapun jumlah tempat tidur yang masih tersisa saat ini sebanyak 26 tempat tidur. Ke depan pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan bagi pasien Covid 19 hingga 100 tempat tidur

"Ada sekitar 50 pasien covid 19 yang dirawat, sedangkan jumlah tempat tidur untuk pasien covid  ada 76. Ke depan akan kita tambah 100 tempat tidur," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dr Dwi Budi satrio menyampaikan, vaksinasi akan dilaksanakan di 40 tempat layanan kesehatan semisal rumah sakit pemerintah maupun swasta dan Puskesmas di Kabupaten Kebumen

Sebelumnya, Vaksin juga telah didistribusikan dengan pengawalan ketat dari anggota Polres Kebumen dan Kodim 0709 Kebumen. Adapun alokasi vaksin sebanyak 12.800 dosis. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved