Breaking News:

Berita Kebumen

Alasan Efisiensi, Bupati Terpilih Kebumen Bakal Hapus Dua Dinas

Untuk efisiensi kinerja para ASN, Bupati Kebumen terpilih Arif Sugiyanto akan ambil kebijakan strategi.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Istimewa
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat sarasehan bersama Kepala Desa se Kecamatan Prembun di kediaman Ketua DPRD Kebumen, Senin malam (25/1/2021). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, KEBUMEN - Untuk efisiensi kinerja para ASN di lingkungan pemerintah kabupaten Kebumen,  Bupati Kebumen terpilih Arif Sugiyanto akan mengambil kebijakan strategis. Di antaranya dengan menghapus dua dinas atau badan yang akan dilebur dengan dinas lain.

Arif yang kini juga masih menjabat sebagai Wakil Bupati Kebumen akan mengganti nomenklatur dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dua dinas atau badan itu akan dilebur dengan OPD lain. 

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) akan digabung dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Sedangkan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH) akan dihapus, atau dipisah dan dilebur dengan dinas lain. Perumahan dan Kawasan Permukiman atau Perkim akan digabungkan dengan Dinas Perhubungan (Dishub). 

Sedangkan Lingkungan Hidup akan digabungkan dengan Dinas Kelautan Dan Perikanan (Dinlutkan) . Menurut Arif, peleburan dua dinas ini untuk efisiensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas. Selain itu, sekaligus untuk efisiensi anggaran agar tidak tumbang tindih aturan dengan dinas lain.

“Ini kita lakukan mengingat jumlah ASN terbatas, sehingga perlu sekali adanya efektifitas dalam bekerja. Sehingga kami pandang dua dinas ini memang perlu dileburkan,” katanya, Selasa (26/1/2021) 

Arif berharap, peleburan ini akan membuat Dinas Perhubungan dan Dinas Kelautan semakin besar. Dengan begitu, diharapkan pendapatan daerah serta aset daerah juga akan mengikuti. Selain itu, ASN juga bisa terpacu agar lebih giat berkerja untuk masyarakat. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved