Breaking News:

Berita Tegal

Kota Tegal Punya UMKM Center, Pusat Promosi Produk Asli Tegal

Pemkot Tegal bersama Kantor OJK meresmikan Sekretariat Dewan Kerajinan Nasional dan UMKM Center.

TRIBUNJATENG.COM,TEGAL- Pemerintah Kota Tegal bersama Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal, meresmikan Sekretariat Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan UMKM Center Kota Tegal, Selasa (26/1/2021). 

Lokasi sekretariat tersebut berada di lingkungan Balai Kota Tegal.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono melihat produk kerajinan di UMKM Center Kota Tegal, Selasa (26/1/2021).
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono melihat produk kerajinan di UMKM Center Kota Tegal, Selasa (26/1/2021). (Tribun Jateng/Fajar Bahruddin Achmad)

Selain sebagai sekretariat, gedung tersebut menjadi tempat pemasaran puluhan produk dari Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Tegal.

Seperti sarung goyor, kerajinan miniatur keren dari limbah sampah, tas dan sepatu cantik dari limbah plastik, dan produk lainnya. 

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono berharap, UMKM center bisa menumbuhkan para IKM. 

Gedung tersebut juga bisa menjadi tempat promosi produk-produk asli Kota Tegal. 

"Selain itu, di sini juga menjadi wajah UMKM. Sehingga komunikasi, informasi, dan promosi bisa lebih mudah. Apalagi lokasinya dekat alun-alun," katanya. 

Dedy Yon berpesan, para pelaku IKM harus aktif juga dalam pameran-pameran produk, baik sekala Jawa Tengah maupun nasional.  

Ia menilai, poin pertama yang terpenting adalah memperkenalkan produk. Setelah kenal pasti para pembeli akan datang dengan sendirinya. 

"Minimal bisa mempromosikan, syukur-syukur bisa menjual. Jadi yang penting sudah kenal dulu. Kalau sudah kenal pasti mau mencoba," ungkapnya. 

Kepala OJK Tegal, Ludy Arlianto mengatakan, pihaknya juga menjadwal petugas dari industri jasa keuangan (IJK) untuk stan by di UMKM Center

Dari petugas BRI, Bank Jateng, dan yang lainnya.  Mereka akan memandu para pelaku IKM dan UMKM untuk mengembangkan usahanya. 

Termasuk bagi para pelaku usaha yang malas datang ke bank, maka bisa mendatangi UMKM Center untuk berkonsultasi. 

Ludy menilai, kehadiran UMKM center juga menjadi tanda awal gerakan bangkit para pelaku IKM dan UMKM. 

"Tinggal bagaimana UMKM bisa menyikapi secara positif. Kalau selama ini malas ke bank, nanti langsung ke sini saja. Karena ini beroperasi 24 jam bagi siapa saja," ungkapnya. (*)

Penulis: Fajar Bahruddin Achmad
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved