Pendidikan

MKKS SMK Jawa Tengah akan Gelar Lomba Kompetensi Siswa Maret Mendatang

LKS tingkat Jawa Tengah itu akan mempertandingkan 42 cabang lomba yang diselenggarakan secara daring pada 23-25 Maret 2021 mendatang.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: moh anhar
ISTIMEWA
Ketua MKKS SMK Jawa Tengah, Samiran, saat ditemui wartawan di SMKN 7 Semarang, Selasa (26/1/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jawa Tengah bakal menggelar lomba kompetensi siswa (LKS) tingkat Provinsi Jawa Tengah.

LKS tingkat Jawa Tengah itu akan mempertandingkan 42 cabang lomba yang diselenggarakan secara daring pada 23-25 Maret 2021 mendatang.

Ketua MKKS SMK Jawa Tengah, Samiran mengatakan, LKS tingkat Jawa Tengah diselenggarakan untuk mencari bibit atlet yang akan dikirim menghadapi LKS tingkat nasional 2021.

"Jawa Tengah sendiri telah menjadi juara LKS nasional selama tiga tahun berturut-turut dari 2018-2020. Karenanya, kami akan kembali merebut posisi juara pada LKS nasional 2021 ini," katanya, Selasa (26/1/2021).

Selain menyiapkan para atlet yang akan dikirim ke LKS nasional, kompetisi tersebut juga dimaksudkan untuk memberikan pengalaman-pengalaman pada siswa dalam berinteraksi dan berkompetisi mengimplementasikan hasil pembelajaran yang diperoleh.

Wajah Rama Muncikari Muda Jual Gadis di Bawah Umur Layani Pria Hidung Belang Lewat Prostitusi Online

Video Permintaan Warga Vaksin Covid-19 Meningkat di Sragen

Pelanggan PDAM Tirta Moedal Keluhkan Tagihan Air Melonjak, PDAM Langsung Cek Ulang

Cabang yang dilombakan meliputi nautika, seni lukis, farmasi, teknologi pengolahan tangan, teknik perancangan permesinan CAD, kuliner, fashion teknologi, grafik desain tekhnologi, penataan rambut, keperawatan sosial dan kesehatan, industrial kontrol, kabinet making, landscape dan gardening, tekhnologi peternakan, dan automobil technology.

Kemudian, lomba CNC miling, teknik instalansi kelistrikan, elektronika, teknik pemasangan keramik, web tekhnologi, teknik pengelasan, tekhnologi informasi administrasi jaringan, tekhnologi lunak untuk bisnis, teknik rekayasa cetak plastik, print media tekhnologi, restoran service, teknik tekstil, industri pariwisata, dan lainnya.

"Pelaksananya setiap satu cabang lomba ada tiga juri, satu juri nasional dan dua juri tingkat regional," papar Kepala SMK Negeri 7 Semarang itu.

LKS tersebut merupakan lomba bergengsi rutin tahunan yang diselenggarakan dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Lomba tersebut akan digelar berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi (Disdikbud) Jawa Tengah.

"Kami juga sudah intens melakukan sosialisasi kepada kepala SMK di kabupaten dan kota di Jawa Tengah rutin secara daring," ujarnya.

Sejumlah persiapan sudah dilakukan. Nantinya peserta LKS tingkat Provinsi Jawa Tengah diambilkan dari para pemenang LKS di tingkat kabupaten/kota yang sudah diselenggarakan pada akhir 2020 lalu.

"Pemenang LKS Jawa Tengah nanti mewakili Provinsi Jawa Tengah ke tingkat nasional," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved