Breaking News:

Berita Pekalongan

Kodim Pekalongan Baksos di Dusun Simonet yang Terdampak Abrasi

Abrasi yang terjadi di Dukuh Simonet, Desa Semut Kec Wonokerto, Kab Pekalongan, terus memprihatinkan.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Abrasi yang terjadi di Dukuh Simonet, Desa Semut Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah terus memprihatinkan.

Selain abrasi, dukuh tersebut juga sering terendam banjir rob. Bahkan, bibir pantai yang dulunya jauh dari pemukiman sekarang sudah sampai di pemukiman warga.

Namun demikian sampai saat ini, masih ada beberapa warga yang masih bertahan sambil menunggu relokasi dari pemerintah daerah setempat.

Sebagai wujud kepedulian, Kodim 0710

Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan (tengah) memberikan bansos di Dusun Simonet, Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan.
Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan (tengah) memberikan bansos di Dusun Simonet, Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. (Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo)

Pekalongan menggelar bakti sosial di lokasi tersebut.

Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan menerangkan, bahwa kedatangan dirinya dan rombongan adalah wujud kepedulian TNI untuk membantu dan meringankan beban masyarakat di Dukuh simonet Desa Semut yang mengalami banjir rob dan terdampak abrasi.

"Bantuan berupa paket sembako ini merupakan inisiatif kami dari TNI dan Polri dengan harapan, dapat meringankan beban masyarakat yang mengalami musibah bencana banjir rob," kata Dandim 0710 Pekalongan Letkol Czi Hamonangan kepada Tribunjateng.com, Selasa (26/1/2021).

Dalam baksos ini, Dandim mengungkapkan ada 290 paket sembako yang dibagikan di tiga titik.

"Bantuan ini menyebar di tiga titik di antaranya, Dukuh Pantirejo Desa Wonokerto Kulon sebanyak 220 KK, Dukuh Simonet Desa Semut sebanyak 60 KK, dan 10 KK di Desa Pacakaran Kecamatan Wonokerto," imbuhnya.

Selain itu, Dandim juga menuturkan bahwa Dukuh Simonet sudah tidak layak lagi untuk di tempati. Mengingat, kondisi abrasi di dusun tersebut yang semakin parah.

"Terkait abrasi, pemda sudah menyiapkan lahan relokasi seluas 1 hektar yang berada di Desa Semut untuk dibangun perumahan sebanyak 73 KK, dalam hal ini TNI siap mendukung dan menyukseskan dalam pelaksanaan relokasi," tuturnya. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved