Breaking News:

Berita Pati

Dapat Usulan Pembuatan Sudut Baca Anak di Setiap Taman, Ini Respons Bupati Pati Haryanto

Ketua Forum Anak Kabupaten Pati, Hasna Jihan Khairunnisa, memberi masukan pada pemerintah daerah.

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Ketua Forum Anak Kabupaten Pati, Hasna Jihan Khairunnisa, memberi masukan pada pemerintah daerah untuk membuat sudut baca di setiap taman kota.

Selain itu, ia juga berharap diadakannya fasilitas pendukung minat-bakat anak, termasuk anak disabilitas, di taman berkategori layak anak.

Usulan tersebut ia sampaikan dalam forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pati 2022, Kamis (28/1/2021). Forum ini digelar di Pendopo Kabupaten Pati.

“Saya juga berharap ada pertimbangan khusus terkait adanya iklan rokok di taman. Karena pada peraturan kota layak anak hal itu tidak diperbolehkan. Setahu saya masih ada iklan rokok di Taman Yaik,” ungkap dia.

Menanggapi usulan mengenai pembuatan sudut baca di taman, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Subawi meminta adanya kajian dan pertimbangan mendalam.

Menurutnya, aspek pemeliharaan dan keberlangsungan sudut baca ini juga harus jadi pertimbangan utama.

“Sebab saya lihat anak sekarang sukanya main HP. Mereka sekarang baca tidak harus di perpus, browsing sambil tiduran di rumah bisa. Jadi perlu diperhitungkan dengan matang,” tutur dia.

Hasna Jihan Khairunnisa mengamini adanya kondisi demikian. Namun, ia berkomitmen mengupayakan cara untuk menarik kembali minat baca anak.

“Menurut saya sudut baca tetap diperlukan, yang penting diiringi edukasi menarik minat baca. Itu juga sekaligus demi mengurangi ketergantungan anak terhadap gadget,” sebut dia.

Menurut Hasna, secara umum Pati sudah relatif memadai untuk disebut sebagai kota layak anak. Lagipula, Pati juga sudah beberapa kali mendapat sertifikat kota layak anak.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved