Breaking News:

Berita Banjarnegara

Sensasi Melahap Durian Lokal di Bawah Air Terjun Pitu Sigaluh Banjarnegara

Musim panen durian telah tiba, sebagian masyarakat mulai menyerbu berbagai daerah penghasil buah itu.

Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Wisatawan menikmati Durian lokal di objek wisata Curug Pitu, Desa Kemiri Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara. 

TRIBUNBANYUMAS. COM, BANJARNEGARA - Musim panen durian telah tiba. Sebagian masyarakat mulai menyerbu berbagai daerah penghasil durian. Tak terkecuali di Kabupaten Banjarnegara yang cukup kondang dengan durian lokal unggulan. Di Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, buah durian mulai membanjiri kios-kios buah di pinggir jalan nasional. 

Pembeli bisa juga datang langsung ke desa pengh

Wisatawan objek wisata Curug Pitu, Desa Kemiri Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara
Wisatawan objek wisata Curug Pitu, Desa Kemiri Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara (Tribun Jateng/Khoirul Muzaki)

asil durian. Satu di antara sentra durian di Kecamatan Sigaluh adalah Desa Kemiri.  Menariknya, desa ini dianugerahi alam asri dengan pemandangan desa yang menawan. 

Di penghujung desa, mengalir beberapa air terjun yang populer dengan nama Curug Pitu. Di objek wisata yang dikelola Pemkab Banjarnegara itu, pengunjung bisa melahap durian lokal sembari menikmati panorama air terjun.  

Darmadi, wisatawan asal Desa Putatnganten, Karangrayung, Kabupaten Grobogan tampak lahap menikmati durian lokal di salah satu saung objek wisata.  Di belakangnya, air yang jatuh keras dari atas tebing melahirkan gemuruh. Hawa sejuk pegunungan merengkuh. 

Darmadi dan rombongan keluarganya sengaja membeli durian lokal dari pedagang setempat. Mereka lantas menikmatinya di Curug Pitu sekalian berekreasi. 

"Rasanya manis. Pemandangan yang bagus, " katanya, Kamis (28/1/2021). 

Darmadi mengaku baru kali ini mencicipi durian lokal Banjarnegara. Beruntung durian yang ia beli sesuai harapan. Manisnya terasa di lidah. Ia juga merasakan sensasi berbeda karena bisa menikmati buah itu di dekat air terjun

Ia dan keluarganya pun tak melewatkan kesempatan untuk berswafoto dengan latar panorama air terjun

Petani durian dari Desa Kemiri, Eko Parmadi, mengatakan Kecamatan Sigaluh memang cukup terkenal dengan durian lokal dengan kualitas terbaik. Ada banyak varietas durian lokal yang belum semua terdata atau dinamai. Beberapa varietas durian lokal dari daerah ini bahkan pernah memenangi kontes durian, baik tingkat provinsi maupun nasional. 

Karenanya, daerah ini kerap menjadi jujugan masyarakat dari berbagai daerah untuk berburu durian unggul.  Pihaknya juga pernah menggelar Pesta Durian di komplek Curug Pitu yang berhasil mengundang masyarakat dari luar kota.  Pihaknya juga pernah membuka Pasar Durian Lokal di sisi jalan nasional panen raya 2020 lalu untuk mendongkrak penghasilan petani dan pedagang lokal. 

Eko menyampaikan, durian lokal di daerahnya unggul dari segi rasa.  "Rasanya legit, ada pahitnya juga," katanya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved