Breaking News:

Berita Regional

Truk Angkutan Barang Lewati Ukuran Standar Akan Dipotong, Berlaku di Seluruh Indonesia

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan potong angkutan barang yang ukurannya melewati standar atau ODOL (over dimension dan over loading).

Editor: m nur huda
KOMPAS.com/JAKA HB
Kendaraan ODOL atau over dimension and over loading dipotong fisiknya oleh Kementerian Perhubungan sebagai peringatan terhadap para pemilik angkutan berlebih, pada Jumat (29/1/2021) di Terminal Alam Barajo, Kota Jambi. Pemotongan kendaraan ODOL akan dilakukan di semua wilayah di Indonesia. 

TRIBUNJATENG.COM, JAMBI - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan potong angkutan barang yang ukurannya melewati standar atau ODOL (over dimension dan over loading).

Pemerintah ingin agar pelaku logistik jera, sebab banyak kecelakaan di jalan melibatkan truk ODOL. 

Pemotongan kendaraan ODOL secara simbolis dilakukan di Terminal Alam Barajo, Jambi, pada Jumat (29/1/2021).

Kendaraan tersebut angkutan barang tersebut bernomor polisi BH 8968 AV, ukuran panjang eksisting 12.300 mm.

Sementara ukuran standar 9.710 mm, kelebihan 2.590 mm.

Kemudian kendaraan beropol BH 8965 MH, tinggi bak eksisting 1.800 mm.

Padahal ukuran standar 1.000 mm atau kelebihan 800 mm.

Kendaraan ODOL ini merupakan kendaraan ODOL yang tertangkap saat dilaksanakannya Pengawasan dan Penegakkan Hukum (Gakkum) Berkala Nasional di Unit Pengawasan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Jambi Merlung pada tanggal 17 sampai 19 November 2020.

Kegiatan itu dilakukan BPTD Wilayah V Provinsi Jambi bersama Subdit Pengendalian Operasional Dit. Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat. "

Hasil pemeriksaan sebanyak 141 kendaraan, yang melanggar 75 kendaraan, over dimensi sebanyak 1 kendaraan dan pemalsuan BLUe sebanyak 1 kendaraan," sebut Kepala BPTD Wilayah V Jambi Ir Bahar, dalam kegitan normalisasi kendaraan ODOL di Jambi tersebut.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved