Breaking News:

Berita Kudus

Atasi Banjir di Kaliwungu dan ‎Mejobo Kudus, Hartopo Usulkan Pembangunan Embung ‎Senilai Rp 7 Miliar

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan membangun dua embung untuk mengatasi banjir di wilayah Kecamatan Kaliwungu dan ‎Mejobo

TribunJateng.com/Raka F Pujangga
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, HM Hartopo ‎menerima bantuan dari Baznas RI, di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, Selasa (2/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan membangun dua embung untuk mengatasi banjir di wilayah Kecamatan Kaliwungu dan ‎Mejobo.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, HM Hartopo mengatakan, embung itu bisa menjadi solusi untuk mengatasi banjir yang kerapkali terjadi setiap musim hujan.

"Kami berencana untuk membangun dua embung, untuk menampung air saat musim hujan. Dan menjadi irigasi saat kemarau," ujar Hartopo, saat penyerahan bantuan Baznas RI di Desa Setrokalangan, Selasa (2/2/2021).

Sebenarnya, pihaknya sudah menyediakan anggarannya sejak 2020 lalu namun ‎tidak bisa dilaksanakan karena refocusing anggaran Covid-19.

Pihaknya juga meminta bantuan kepada Pemprov Jateng untuk dapat memberikan bantuan pembangunan embung tersebut.

Pasalnya dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT) tidak bisa untuk pengerjaan pembangunan fisik.

"Untuk pembebasan lahan itu perlu uang, padahal dari dana bagi hasil cukai tidak bisa untuk pengerjaan fisik. Makanya kami Mai mengkaji anggarannya," jelas dia.

Menurutnya, untuk pembangunan satu embung tersebut membutuhkan lahan seluas 3-4 hektare dan anggaran sebesar Rp 6-7 miliar.

‎Namun jika menggunakan lahan bengkok desa, maka diperkirakan anggarannya lebih rendah karena tidak memerlukan pembebasan lahan.

"Ini masih kami kaji regulasinya bagaimana apakah bisa untuk embung atau tidak," ujar dia.

Halaman
12
Penulis: raka f pujangga
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved