Breaking News:

Berita Tegal

Bupati Tegal Fokuskan Pemulihan Ekonomi di Tahun 2022

Bupati Tegal Umi Azizah, menegaskan kepada para Camat untuk memfokuskan program pemulihan ekonomi di tahun 2022. 

Istimewa
Bupati Tegal, Umi Azizah, saat memimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2021, dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 yang dilakukan secara virtual di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Tegal Selasa (2/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Bupati Tegal Umi Azizah, menegaskan kepada para Camat untuk memfokuskan program pemulihan ekonomi di tahun 2022. 

Hal tersebut disampaikan Umi saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2021, dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 yang dilakukan secara virtual di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Tegal Selasa (2/2/2021). 

Umi mengatakan, sebagaimana tahapan perencanaan pembangunan daerah guna mengalokasikan sumber daya keuangan, sumber daya manusia, dan instrumen pembangunan lainnya yang terbatas.

Maka, pada RKPD di tahun 2022 nanti sebagai implementasi tahun ketiga RPJMD Kabupaten Tegal 2019-2024 dapat secara efektif dan efisien mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Di samping itu juga dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia, menanggulangi kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan nilai tukar petani, menguatkan infrastruktur, hingga membebaskan kita dari pandemi Covid-19," ungkap Umi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Selasa (2/2/2021). 

Umi menyadari hal tersebut merupakan tugas besar, karena pandemi Covid-19 benar-benar telah mengubah struktur tatanan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat yang tercermin lewat indikator pembangunan. 

Meningkatnya angka kemiskinan penduduk dari 7,64 persen di tahun 2019 menjadi 8,14 persen tahun 2020 lalu. 

Sedangkan tingkat pengangguran bertambah dari 8,12 persen di tahun 2019 menjadi 9,82 persen tahun 2020 lalu, hal ini menurut Umi menjadi alarm.

"Menjadi haluan dalam penyusunan strategi kebijakan pembangunan daerah, mewujudkan visi Kabupaten Tegal, mewujudkan masyarakat yang sejahtera, mandiri, unggul, berbudaya, dan berakhlak mulia, dilandasi spirit "Mbangun Berkah, Rakyat Bungah"," ujar Umi.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved