Breaking News:

Berita Purbalingga

Durian Kartana Desa Nangkod Purbalingga Diajukan Sertifikasi Varietas Unggul Lokal, Ini Kelebihannya

Dari segi ukuran buah, Durian Kartana memiliki ukuran yang cukup besar untuk ukuran durian lokal

Istimewa
Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga dan juga BPP Kecamatan Kejobong saat menjajal Durian Kartana asli Desa Nangkod, Kecamatan Kejobong yang diajukan untuk mendapatkan sertifikasi varietas durian lokal, pada Selasa (2/2/2021). 

 
TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Durian Kartana asli Desa Nangkod, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga diajukan mendapatkan sertifikasi varietas durian lokal.

Pengajuan sertifikasi ini berdasarkan pada usia indukan pohon durian yang sudah mencapai 150 tahun dan memiliki rasa yang tidak kalah dengan durian-durian yang lainnya.

Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Kejobong, Agus Slamet mengatakan Durian Kartana ini memang layak untuk dilakukan uji sertifikasi varietas durian lokal. 

Dari segi ukuran buah, Durian Kartana memiliki ukuran yang cukup besar untuk ukuran durian lokal.

"Rasanya juga enak, legit, manis, ada sedikit pahit-pahitnya dan daging buahnya besar, bijinya juga kecil," kata Agus saat ditemui di Desa Nangkod, Kecamatan Kejobong, kepada Tribunbanyumas.com, sebagaimana rilis, pada Selasa (2/2/2021). 

Durian Kartana sebetulnya sudah mulai diajukan untuk sertifikasi durian lokal sejak satu tahun yang lalu. 

Namun, karena beberapa hal seperti faktor cuaca yang berpengaruh pada buah sehingga baru diajukan pada tahun 2021.

"Karena sekarang bertepatan dengan musim durian dan ada beberapa buah yang masih, kita mengusulkan agar durian ini bisa dijadikan sebagai buah durian unggul lokal," katanya. 

Nantinya berdasarkan deskripsi pohon, bunga, daun hingga buah akan menjadi data awal untuk pengajuan sertifikasi ke Kementerian Pertanian. 

Ia berharap dengan diajukannya Durian Kartana sebagai Durian Unggul Lokal bisa menjaga agar durian lokal tersebut tetap terjaga.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved