Breaking News:

Penanganan Corona

Kekurangan Tempat Tidur Ruang ICU Covid, Bupati Wihaji: Pemkab Siap Tambah dan Koordinasikan ke RS

“Pasien Covid-19 kalau sudah kondisinya berat harus masuk ICU, ruangnya harus negatif, menggunakan alat ventilator,” terangnya

Tribun Jateng/ Dina Indriani
Bupati Batang, Wihaji saat diwawancara awak media, Rabu (6/1/2021). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang siap menambah tempat tidur di ruang ICU, pasalnya saat ini Kabupaten Batang masih memiliki enam tempat tidur ICU penanganan Covid-19 di RSUD Kalisari Batang.

Kepala Dinas Kesehatan Batang Muchlasin mengatakan, dari 6 tempat tidur di ruang ICU hanya ada di RSUD Kalisari Batang, padahal rumah sakit di Batang ada tiga. 

“Penambahan tempat tidur masih dikoordinasikan lagi dengan pihak rumah sakit QIM dan RSUD Limpung, karena harusnya dalam satu Kabupaten harus ada 15 bad, Ruang ICU Covid-19 di RSUD Kalisari selalu penuh,” terang Muchlasin, Senin (1/2/2021).

Menurutnya, penambahan tempat tidur di ruang ICU penting dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi angka kematian pasien Covid-19. 

“Pasien Covid-19 kalau sudah kondisinya berat harus masuk ICU, ruangnya harus negatif, menggunakan alat ventilator,” terangnya. 

Disampaikan juga, dalam penambaham tempat tidur di ruang ICU membutuhkan anggaran cukup besar. 

Di samping menambah peralatan medis juga harus menambah tenaga kesehatannya. 

“Biaya membuat ruang ICU Covid-19 itu tidak sedikit, alat kesehatannya juga mahal dan tenaga kesehatanya juga kita kurang,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut Bupati Batang, Wihaji mengatakan, penambahan tempat tidur di ruang ICU siap ditindaklanjuti. 

“Pikiran alam bawah sadar saya, penambahan tempat tidur di ruang ICU bisa picu rasa takut rakyat, tapi ini sudah perintah Pak Gubernur, jadi oke kita siapkan,” ujar Wihaji.

Ia pun mengatakan bahwa tempat tidur di ruang ICU RSUD Kalisari Batang untuk pasien Covid-19 dulu hanya ada 1, sekarang sudah ada 6 tempat tidur.

"Kalau diharuskan ada 15 tempat tidur batasan  per-Kabupaten maka akan dikoordinasikan dengan pihak rumah sakit yang ada di Batang," pungkasnya.(din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved