Breaking News:

Berita Batang

Pemilik Warung di Batang Protes Kejelasan Kewajiban Pemasangan Tapping Box

Pemasangan tapping box di sejumlah warung di Kabupaten Batang oleh Badan Pengelolaan Keuangan Pedapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) masih menjadi polemik

Tribun Jateng/ Dina Indriani
Sejumlah pedagang dan pemilik warung audiensi dengan Kepala BPKPAD di Kantor BPKPAD, Selasa (2/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG- Pemasangan tapping box di sejumlah warung di Kabupaten Batang oleh Badan Pengelolaan Keuangan Pedapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) masih menjadi polemik.

Sejumlah pedagang dan pemilik warung pun mendatangi kantor BPKPAD untuk menanyakan tentang kejelasan kewajiban pemasangan tapping box.

Pasalnya, mereka mengaku mendapatkan protes dari beberapa konsumen hingga menurunkan omset.

"Pemasangan tapping box ini cukup berpengaruh pada omset kami, dagangan jadi sepi sampai omset turun 90 persen, beberapa konsumen juga ada protes katanya makan di warung juga bayar pajak," tutur pedagang bakso Giman, Sri Lestari usai audiensi dengan Kepala BPKPAD, Selasa (2/2/2021).

Menurutnya, menarik pajak 10 persen bagi konsumen dinilai sangat memberatkan apalagi saat ini ekonomi masyarakat sedang lesu di tengah pandemi Covid-19.

Sehingga pedagang juga meminta menunda pemasang tapping box yang dinilai membuat sepi pembeli warung. 

Sementara, Kepala BPKPAD Bambang Supriyanto mengatakan mungkin karena masih kurang pemahaman terhadap pemungutan pajak karena esensi dari tapping box ini hanya merekam pitensi pajak saja.

"Sebenarnya tapping box ini hanya merekam potensi pajak, jadi hanya kemajuan teknologi kalau biasanya dari data nah ini pakai alat agar memudahkan pelaporan sendiri," terangnya.

Dia mengatakan untuk ke depan pihaknya akan lebih gencar mensosialisasikan fungsi dan kinerja dari tapping box.

"Nanti sebelum ada pemasangan tahap selanjutnya kami akan edukasi dan sosialiasasikan terlebih dahulu ke masyarakat agar paham mengenai tapping box ini," pungkasnya.(din)

Penulis: dina indriani
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved