Breaking News:

Berita Karanganyar

Pemkab Karanganyar Berencana Gandeng Relawan Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Pemkab Karanganyar berencana membentuk relawan dari kalangan pemuda untuk ikut sosialisasikan prokes.

Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Bupati Karanganyar Juliyatmono. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berencana membentuk relawan dari kalangan pemuda untuk ikut menyosialisasikan protokol kesehatan.

Rencana itu dilakukan atas dasar hasil evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap pertama yang dinilai kurang efektif lantaran minimnya kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan, pembentukan relawan itu akan melibatkan para pemuda di masing-masing desa yang ada di Kabupaten Karanganyar.

"Disiplin personal yang harus kita tekankan. Ini kan persolan disiplin. Membuat kultur baru. Maka kita akan coba rumuskan. Bagaimana membentuk disipin itu muncul dari kesadaran masyarakat tapi harus dipicu. Pemicunya mesti harus dari kelompok masyarakat. Tiap desa, relawan anak-anak muda. Membangun kesadaran kolektif di masing-masing desa," katanya kepada Tribunjateng.com, Selasa (2/2/2021).

Lanjutnya, relawan akan dibantu oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas supaya lebih bersinergi. Menurutnya, dengan melibatkan para pemuda akan lebih efektif untuk ikut membantu menyosialisasikan kepada masyarakat di lingkungannya supaya tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bupati Karanganyar akan segera berkoordinasi dengan kepala desa di wilayah masing-masing untuk membahas pembentukan relawan tersebut.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Purwati menambahkan, penanganan Covid-19 perlu sinergitas hingga tingkat bawah seperti desa, RW hingga RT. Mengingat selama ini terkait penindakan protokol kesehatan terfokus di lingkung perkotaan.

"Kesadaran masyarakat menjadi faktor utama untuk menekan angka Covid-19. Masih banyak yang melakukan pelanggaran," imbuhnya. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved